Oleh Kominfo   Rabu, 17 April 2024
PJ Bupati Hamida Munawarah Sidak Pasar Tanjung, Ini Hasilnya…
33 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tabalong melakukan sidak ke pasar rakyat Tanjung pada Selasa, 16 April 2024. Dari hasil sidak diketahui stok sejumlah bapokting mulai menipis, dan harganya naik pasca libur Lebaran.

Jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tabalong melakukan sidak ke pasar rakyat Tanjung pada Selasa pagi.

Sidak pasar ini untuk memantau ketersediaan stok dan stabilitas harga bapokting, atau barang kebutuhan pokok dan barang penting, pasca libur Lebaran tahun 2024.

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, menuturkan stok sayur-sayuran dari luar daerah mulai menipis, seperti kentang, wortel, dan kol.

Meski stoknya berkurang, harga kentang dan wortel stabil mulai dari 18 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan sayur kol naik dari harga 12 ribu rupiah menjadi 15 ribu rupiah per kilogram.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditi bawang merah, dari harga 40 ribu hingga 45 ribu rupiah per kilogram, menjadi 50 ribu hingga 60 ribu rupiah per kilogram.

Hamida menjelaskan, berkurangnya ketersediaan sayur dan kenaikan harga ini, lantaran distribusi dari luar daerah belum lancar.

Namun berdasarkan informasi dari para pedagang, distribusi kembali lancar dalam 2 hari ke depan.

"Yang kita temui tadi yang harga ada kenaikan itu ada di bawang merah. Bawang merah tadi sampai mencapai 50 ribu per kilogram. Kami harapkan nanti kalo distribusi kebutuhan ini lancar, harga bisa turun kembali dan normal kembali," ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Selain bawang merah dan sayur kol, daging ayam ras dan telur ayam ras juga mengalami kenaikan harga dibandingkan sebelum Lebaran.

Harga daging ayam ras mulai dari 45 ribu rupiah per ekor, dan telur ayam ras mulai dari 30 ribu rupiah per kilogram.

Sementara itu, untuk ketersediaan beras Banjar mencukupi, dan harganya pun stabil mulai dari 13 ribu rupiah sampai dengan 19 ribu rupiah per kilogram, tergantung jenis berasnya.

Sedangkan beras Jawa dari kisaran 70 ribu rupiah sampai dengan 75 ribu rupiah per 5 kilogram.

Kemudian untuk jenis cabai, kenaikan harga terjadi pada cabai merah biasa dari 45 ribu rupiah menjadi 52 ribu 500 rupiah per kilogram, dan cabai merah keriting dari 42 ribu 500 rupiah menjadi 47 ribu 500 rupiah per kilogram.

Sedangkan harga cabai rawit turun, yaitu cabai rawit merah dari 95 ribu rupiah menjadi 87 ribu 500 rupiah per kilogram, cabai rawit hijau dari 85 ribu rupiah menjadi 82 ribu 500 rupiah per kilogram, dan cabai rawit tiung 55 ribu rupiah menjadi 47 ribu 500 rupiah per kilogram.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)