Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
(Disdukcapil) Tabalong berhasil meraih nilai di atas 90 dalam penilaian
kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 oleh Ombudsman RI
perwakilan Kalimantan Selatan belum lama tadi.
Berdasarkan hasil penilaian kepatuhan
kategori unit pelayanan oleh tim Ombudsman RI perwakilan Kalsel, Disdukcapil
Tabalong berhasil meraih nilai 93,51 atau masuk dalam zona hijau kategori A.
Adapun aspek penilaian yang dilakukan
meliputi 5 komponen, yaitu input, output, proses, pengaduan, dan partisipasi
masyarakat dalam pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Tabalong.
Saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat,
19 Januari 2024, Kepala Disdukcapil Tabalong, Rowie Rawatianice, menyatakan
bahwa meski mendapatkan nilai tinggi dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan
pelayanan publik, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan evaluasi dan
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Kalau nilai sempurna dari kategori
ini sebenarnya berada di posisi 100, nilai maksimal. Sampai hari ini yang
peringkat nasional nomor satu pun masih di posisi 97, apalagi kami yang di
posisi 93. Jadi masih banyak hal yang harus kami benahi di 5 komponen tadi:
input, output, proses, pengaduan, dan partisipasi masyarakat. Itu yang akan
kami lihat, ini nanti biasanya ketika mungkin dalam waktu dekat ini Ombudsman
akan memberikan detailnya hasil penilaian mereka. Di situlah kami akan konsen.
Misalnya, katakanlah petugas kami masih ada yang kurang kompeten, disitu kami
akan push untuk bisa lebih. Yang sudah baik akan kami pertahankan, yang belum
akan kami tingkatkan." ujar Rowie Rawatianice, Kepala Disdukcapil Tabalong.
Rowie menambahkan bahwa pihaknya juga akan
terus berupaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat, salah satunya
dengan mengoptimalkan informasi melalui media online, serta terus membudayakan
5-ES (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun).
Diketahui, selain Disdukcapil, juga
terdapat lima organisasi perangkat daerah Tabalong lainnya yang meraih predikat
serupa, yaitu DPMPTSP Tabalong dengan nilai 95,06, Dinsos Tabalong 92,59,
Disdikbud Tabalong 85,11, Puskesmas Tanta 90,45, dan Puskesmas Murung Pudak
83,54.
Berkat capaian tersebut, Kabupaten Tabalong
berhasil menjadi terbaik kelima dalam kepatuhan penyelenggaraan pelayanan
publik tahun 2023 dengan nilai 90,05.
(Gazali Rahman/TV Tabalong)