Oleh Kominfo   Senin, 18 September 2023
Komisi II DPRD Tabalong Dukung Peningkatan Kualitas UMKM
149 Kali dilihat
Pemerintahan

Komisi Dua DPRD Tabalong mendorong Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah atau PLUT KUMKM meningkatkan kualitas produk UMKM di Tabalong. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan eksistensi UMKM.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Mursalin, yang ditemui usai rapat pada Kamis, 14 September 2023, di Ruang Rapat Pimpinan Sekretariat DPRD Tabalong.

Mursalin menjelaskan bahwa untuk meningkatkan eksistensi UMKM Tabalong, perlu adanya peningkatan produk dari UMKM Tabalong, baik dari segi kualitas maupun kemasan.

Peningkatan ini, menurutnya, dapat dilakukan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah atau PLUT KUMKM yang telah ada di Tabalong.

Untuk itu, pihaknya siap mendukung penuh keberadaan PLUT KUMKM di Tabalong, pasalnya pelaku UMKM di Tabalong yang mencapai 18 ribu lebih diharapkan mampu mendorong peningkatan perekonomian daerah.

“Ya, sesuai dengan apa yang kita dapatkan melihat sekarang kan masih banyak kekurangan-kekurangan dari UMKM kita yang selama ini mungkin bagaimana kita pengelola produk kita sendiri. Artinya pada saat ada produk unggulan, kalau ada tamu, kita sampaikan ke tamu. Tamu kita yang datang yang kedua terkait produk halal dan juga meningkatkan untuk kemasan-kemasan yang menarik gitu,” kata Mursalin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Mursalin menambahkan bahwa upaya optimalisasi PLUT KUMKM Tabalong ini pun telah mereka lakukan, salah satunya melalui sharing bersama Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, pada 3 hingga 6 September 2023 lalu.  (Gazali Rahman/ TV Tabalong)

 

Sumber: mc.tabalongkab.go.id