Oleh Kominfo   Rabu, 25 Mei 2022
Bupati Anang Minta Desa Pacu Peningkatan Indeks Desa Membangun
66 Kali dilihat
Pemerintahan

Berdasarkan pemuktahiran indeks Desa membangun IDM Tabalong tahun 2022, sebanyak 13 desa di Kabupaten Tabalong berstatus sebagai desa mandiri, 84 desa berstatus desa maju, 22 desa berkembang dan 2 desa masih berstatus desa tertinggal.

Dalam arahannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani meminta para kepala desa untuk berinovasi mengembangkan potensi desa. Sehingga tiap desa diharapkan dapat meningkatkan status idm di tahun selanjutnya. Pasalnya hal ini merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan kepala desa dalam membangun desanya.

IDM sendiri merupakan indeks komposit yang dibentuk dari indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan. Idm digunakan untuk evaluasi tingkat kemajuan dan kemandirian desa.

“kenapa kita kejar ini karena ini salah satu tolak ukur keberhasilan kawan-kawan kepala desa ini dalam membangun desa nya atas dukungan kita semua kalau tidak ada perkembangan seperti ini perkembangan ini terasa sangat lambat 2014-2019 terasa lambat sekali tapi alhamdulillah 2019-2024 alhamdulillah akselerasinya sangat terasa. Saya akan memutuskan ada 2 kemungkinan yang pertama desa-desa yang masih kelompok maju dan berkembang dan tertinggal ini dana insentifnya akan kita kurangi jadi proposional pak erwan pak fani kalau mandiri dana insentif nya lebih besar” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang menambahkan, untuk mewujudkan target IDM di tahun depan, diharapkan dukungan dari semua pihak sesuai dengan kewenangan yang ada, seperti peningkatan komposit indeks ketahanan  sosial, indeks ketahanan  ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan, dalam komponen penilaian idm. (Nova Arianti).