Oleh Kominfo   Rabu, 06 April 2022
DP3AP2KB Tabalong Dorong Pembentukan PAMTB & SATGAS PPA
456 Kali dilihat
Pemerintahan

TV Tabalong - Sejak tahun 2021, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, telah menginstruksikan pembentukan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat atau pamtb, serta satgas perlindungan perempuan dan anak atau ppa. Di tahun 2022 ini, program tersebut terus didorong, agar amsyarakat aktif berperan dalam pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak.

Kepala bidang perlindungan perempuan dan anak DP3AP2KB Kabupaten Tabalong, Selviati, menjelaskan dari 131 desa dan kelurahan se tabalong, 80 persen diataranya telah memilik pamtb dan satgas PPA. Kelompok ini terbagi dari berbagai elemen masyarakat, seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, aparat, tokoh agama, perwakilan forum anak, dan berbagai elemen lainnya.

"Perlindungan Anak terpadu berbasis masyarakat, di dalamnya itu berbagai elemen masyarakat bergabung di antaranya kalau tingkat Lurah itu ada Lurah, ada sekretaris Lurah, ada aparat Kelurahan. kalau tingkat Desa itu ada kepala desa, sekretaris desa, aparat desa,  kemudian ditambah dengan bidan, ada perawat, ada guru, ada LSM, forum anak atau perwakilan anak,  kemudian juga dunia usaha, kurang lebih ada 20 yang bergabung di sana sebagai aktivis yang akan melakukan upaya pencegahan di tempat masing-masing" Kata Selviati, Kabid PPA DP3AP2KB Tabalong.

Selain bentuk pencegahan, DP3AP2KB Tabalong Juga menyediakan program bagi korban kekerasan dari lingkungan keluarga maupun sekitarnya, salah satunya program pelatihan mennjahit. Pelatihan keterampilan diharapkan dapat mengembalikan semangat para korban, serta membuat korban kekerasan dapat berdaya guna. (Maria Ulfah).