Oleh Kominfo   Rabu, 23 Maret 2022
Diskominfo Tabalong Siap Dukung Desa Digital
134 Kali dilihat
Pemerintahan

Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam waktu dekat menargetkan 50 desa menjadi desa digital. Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong, melakukan pemasangan jaringan internet di 3 desa, yaitu desa Wirang Kecamatan Haruai, desa Muara Uya Kecamatan Muara Uya, dan di wilayah kantor kecamatan bintang ara.

Kepala Diskominfo Tabalong, Arianto menuturkan, untuk mewujudkan desa digital, diskominfo siap mendukung ketersediaan akses jaringan internet, dengan menyediakan teknisi pemasangan internet dan bantuan bandwidth. Namun desa diminta membangun tower trayenggel (triangle) untuk menangkap jaringan yang disediakan diskominfo tabalong.

“Kemudian untuk desa-desa bagi yang ingin minta fasilitas tadi ya modband dari diskominfo akan kami sediakan tapi syaratnya desa harus membangun tower triangle yang sederhana ya mungkin berdana sekitar 30-50 juta nah ini silahkan menggunakan APBD desa untuk penyediaan itu, nanti kita bantuan teknis dan bantuan badwidth untuk mereka kaitannya dengan internet ini” Kata Arianto, Kepala Diskominfo Tabalong.

Arianto menambahkan, jaringan yang disediakan untuk seluruh daerah di tabalong untuk mewujudkan smart village nusantara desa digital. Dirinya juga berharap nantinya konektifitas desa, kecamatan, Kabupaten hingga nasional dapat terhubung.