Oleh Kominfo   Rabu, 23 Maret 2022
Desa Digital Ditambah, DPMD Tabalong : Selaras Dengan Program Kemendes
126 Kali dilihat
Pemerintahan

Kabupaten Tabalong tengah gencar mendorong pemerintah desa menerapkan desa digital. Dalam waktu dekat, pemkab menargetkan 50 desa di Tabalong dapat menjadi desa digital. Salah satu desa di Tabalong yang saat ini menerapkan desa digital dengan maksimal adalah desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Kepala bidang pemerintahan desa dpmd tabalong, pahrudin, menjelaskan, untuk mewujudkan 50 desa digital, pihaknya telah memberikan workshop dan sosialisasi kepada kepala desa. Lebih jauh ia menjelaskan, desa digital harus mampu menjalankan 3 unsur pemerintahan desa secara digital dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

 “Itu kita menerima informasi terkait dengan operasional atau emplementasi dari digitalisasi itu seperti apa jadi salah satu upaya pertama tadi kita mencari informasi, kita ingin meliohat seperti apa desa yang telah melaksanakan digitalisasi di desanya, nah kita tau kan desa itu rohnya ada 3, pertama government dalam hal ini penyelenggaraan pemerintahan desa yang kedua social di masyarakat yang ketiga ekonomi” Kata Pahrudin, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong.

Pahrudin menambahkan, upaya menuju desa digital selaras dengan dua program kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, yakni penerapan desa digital dan optimalisasi badan usaha milik desa atau bumdes.