Oleh Kominfo   Selasa, 11 Januari 2022
Polres Tabalong Berikan Pembekalan Penanggulangan Bencana Pada UPBS
92 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Para anggota unit pemadam kebakaran swadaya, atau UPBS, menerima pembekalan terkait penanggulangan bencana dari Sat Binmas Polres Tabalong, pada 8 Januari 2022 yang berlokasi di posko UPBS Bara Belimbing Raya. Melalui kegiatan focus group discussion ini, Polres Tabalong dan beberapa upbs di wilayah murung pudak bertukar informasi terkait kendala yang sering terjadi di lapangan.

Beberapa hal yang menjadi fokus pada diskusi ini, seperti penanggulangan permasalahan banjir, pertolongan pertama bagi korban tenggelam dan memberikan pengetahuan aturan lalu lintas dijalan bagi para anggota UPBS yang melaksanakan pertolongan kebakaran.

Dewan pembina UPBS Bara, Habibuddin , selalu tuan rumah pelaksanaan FGD ini, menyambut baik adanya forum ini. Pihaknya juga mengaku akan selalu memantau anggotanya dalam melaksanakan tugas dilapangan, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan kerja pada diri sendiri maupun pada orang lain.

“Untuk pengawasan kami sebagai pembina ini, hampir setiap melaksanakan atau seandainya ada kebakaran, kami pesan untuk yang terjun ke lapangan itu diharapkan ya terutama untuk keselamatan diri sendiri sebelum menolong orang.” Kata Habibuddin, Pembina UPBS Bara.

Disamping itu, Habib juga berharap kepada polres Tabalong untuk selalu melakukan pendekatan serta pembinaan terhadap para upbs yang ada di Kabupaten Tabalong. Seperti diketahui, hingga saat ini Kabupaten Tabalong memiliki sekitar 60 UPBS yang tersebar di seluruh wilayah Tabalong. (Muhammad Ariadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id