Oleh Kominfo   Senin, 10 Januari 2022
Pemindahan Binaan BLK Pengaruhi Alokasi Pelatihan, DPRD Tabalong Akan Koordinasi Ke Kementerian
113 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Komisi satu DPRD Tabalong memanggil dinas tenaga kerja dan upt balai latihan kerja Tabalong, untuk membahas tindak lanjut dari pemindahan pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah pusat kepada seluruh BLK yang ada di kalimantan selatan. Sebelumnya blk Kabupaten Tabalong dan BLK diseluruh Kalimantan Selatan, mendapatkan alokasi pembinaan di BBPLK Bekasi. Namun pada tahun 2022 pembinaan tersebut akan dipindahkan ke uptp balai latihan kerja samarinda.

Dinas tenaga kerja Tabalong hingga saat ini belum mendapat alasan dari pemerintah pusat dengan adanya pemindahan pembinaan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong, Zulfan Noor saat ditemui usai menggelar pertemuan bersama anggota dewan.

“Untuk alasan perpindahan yang jelas itu kebijakan tentunya mereka mempunyai alasan yang nantinya akan di diskusikan kenapa harus dipindahkan begitu (berarti memang belum ada alasannya pak?) belum terinformasi dengan jelas, yang jelas di infokan ke kita hanya ada perpindahan untuk binaannya.” Kata Zulfan Noor, Kepala Disnaker Tabalong.

Pemindahan binaan ini juga berdampak pada alokasi paket pelatihan yang diberikan. Pada tahun 2021 sewaktu masih dibina bbplk bekasi, tabalong mendapat alokasi paket pelatihan sebanyak 15 paket, namun dengan adanya pemindahan ini paket yang diberikan berkurang menjadi 10 paket. Hal ini mendapat respon dari komisi 1 dprd tabalong, pihaknya akan melakukan koordinasi ke kementrian tenaga kerja untuk mencari jalan keluar dari dampak pemindahan tersebut.

“Iya kami akan ke kementrian berusaha itu tadi meminta karena ini artinya tidak berdampak baik kedepan, kami berharap kita bisa kembali dibina oleh bbplk bekasi.” Kata Supriani, Ketua Komisi I Dprd Tabalong.

Diluar dari hal tersebut, Upt BLK Tanjung pada tahun 2022 akan mulai menjalankan pelatihan APBD 2022, dimana alokasi anggaran yang akan diberikan sebesar 400 juta rupiah, untuk pelatihan didalam dan diluar BLK Tanjung. Pelatihan apbd yang akan diberikan seperti komputer, menjahit, dan desain grafis, sedangkan untuk diluar blk tanjung ada servis sepeda motor, menjahit, dan servis ac. (Muhammad Ariadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id