Oleh Kominfo   Rabu, 06 Oktober 2021
Disdik Tabalong Gelar Bimtek Implementasi Program Kesiapan Bersekolah
168 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Dinas Pendidikan Tabalong bekerjasama dengan direktorat jenderal PAUD, GTK Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan  bimbingan teknis pada perwakilan guru paud se tabalong. Bimbingan teknis yang digelar 29 hingga 30 September 2021 ini, terkait implementasi program kesiapan bersekolah.

Bimtek ini diberikan untuk menyamakan persepsi tentang standar memasuki Sekolah Dasar dari jenjang TK. Sehingga pembelajaran di tingkat TK dan SD dapat berkesinambungan agar anak mudah beradaptasi.

“Disini memang kita harus menyamakan presepsi bagaimana dengan keinginan atau standar yang akan diterapkan di sekolah dasar pada saat  mereka masuk  sebagai peserta didik kelas 1, nah di sisi yang lain, taman kanak-kanak yang akan meluluskan peserta didik dari taman kanak-kanak yang kelas b itu untuk siap masuk ke sekolah dasar ini punya bekal pengetahuan seperti apa? Yang ingin dibutuhkan begitu mereka masuk ke sekolH dasar. Nah disini kan jangan sampai timbul kesenjangan standar di sekolah dasar menginginkan seperti apa sedangkan yang bisa disiapkan baru seperti apa.nah ini lah kami tidak ingin terjadi gangguan terjadi ketidaksinkronan sehingga kita pada kesempatan ini melakukan bimbingan teknis dengan pesertanya ada dari kalangan taman kanak kanak atau paud begitu” Kata Mahdi Noor , Kepala Dinas Pendidikan Tabalong.

Narasumber dari BP Paud dan Dikmas Provinsi Kalsel, Andini Puspa Dewi memberikan materi terkait ide atau cara tentang pentingnya menyiapkan anak-anak paud untuk beradaptasi saat memasuki lingkungan sekolah dasar, kepada guru, kepala sekolah serta orang tua siswa.

“Memberikan ide serta cara-cara yang sederhana kepada guru, kepala sekolah, juga orang tua teantang pentingnya menyiapkan anak-anak paud agar nantinya dapat beradaptasi dengan pembelajaran di sd, dan kegiatan bimtek ini juga memberikan pemhaman dan edukasi kepada orang tua, bahwa literasi untuk usia dini tidak terbatas untuk kebutuhan membaca dan menulis saja, tapi lebih  kepada aspek lainnya yang juga tidak kalah pentingnya yaitu aspek kognitif,aspek bahasa kemudian sosial emosional, kemudian aspek motorik juga dimana kegiatan ini bida dilakukan lewat kegiatan kegiatan ragam media yang menyenangkan bagi anak” Kata Andini Puspa Dewi, Narasumber BP Paud Dan Dikmas Kalsel.

Andini juga menambahkan, penting bagi para guru PAUD maupun guru SD untuk berkolaborasi bersama menciptakan anak-anak yang berhasil dalam bidangnya di kemudian hari.  (Maria Ulfah).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id