Oleh Kominfo   Rabu, 03 Juli 2024
Tingkatkan Nilai Lembaga Kearsipan Daerah, Dispersip Tabalong Bina 11 SKPD
38 Kali dilihat
Pemerintahan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tabalong, melalui Lembaga Kearsipan Daerah, melakukan pembinaan pengelolaan arsip pada belasan SKPD pada Rabu, 3 Juli 2024.

Lembaga Kearsipan Daerah Tabalong melakukan pembinaan pengelolaan arsip terhadap 11 SKPD di Tabalong.

Pembinaan dilakukan guna menyiapkan 11 SKPD tersebut untuk menghadapi audit internal oleh LKD Tabalong, yang rencananya akan dimulai pada 15 Juli mendatang.

Adapun 11 SKPD tersebut di antaranya adalah Sekretariat Daerah Tabalong, Dinas Kesehatan, DKPPTPH, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Disnaker, Dinas Perhubungan, Sekretariat DPRD, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong.

Kepala Dispersip Tabalong, Norhayati, mengharapkan melalui kegiatan pembinaan ini bisa mendongkrak nilai LKD Tabalong di tahun 2024 dari sebelumnya B menjadi B-B maupun A.

"Dengan adanya sosialisasi ini saya berharap semoga LKD Kabupaten Tabalong yang nilainya sudah B bisa naik jadi B-B maupun A, karena kontribusi SKPD di luar Dispersip ini adalah 40%, dan penyumbang nilai untuk Dispersip 60%. Jadi diharapkan dengan mereka sudah paham dalam pengelolaan dan penataan arsip yang baik dan benar, semoga nilai kita akan menjadi lebih baik lagi ke depannya," kata Norhayati, Kepala Dispersip Tabalong.

Dalam pembinaan ini, LKD Tabalong menyampaikan terkait kelengkapan dan bukti dukung yang harus disiapkan oleh masing-masing SKPD untuk penilaian nanti.

Selain itu, turut disampaikan tata kelola arsip yang baik dan benar terutama pada SKPD yang tidak memiliki arsiparis.

Pembinaan pengelolaan arsip ini rencananya digelar selama 2 hari hingga Kamis, 4 Juli 2024.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)