Oleh Kominfo   Rabu, 10 Juli 2024
DP3AP2KB Pinta Seluruh Desa Berupaya Tingkatkan Kualitas Keluarga
36 Kali dilihat
Pemerintahan

Seluruh desa di Kabupaten Tabalong dihimbau untuk melakukan pendataan terkait kekurangan maupun kelebihan dalam upaya peningkatan kualitas keluarga. Hal ini agar setiap desa dapat memiliki tolak ukur dalam melakukan peningkatan kualitas keluarga.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong, Rusmadi, saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan rapat koordinasi penilaian peningkatan kualitas keluarga secara virtual di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong, Senin, 9 Juli 2024.

Rusmadi menjelaskan bahwa upaya peningkatan kualitas keluarga tidak hanya dilakukan oleh desa yang terpilih untuk mengikuti penilaian peningkatan kualitas keluarga, namun juga harus menjadi perhatian khusus seluruh desa yang ada di Kabupaten Tabalong.

Pasalnya, peningkatan kualitas keluarga dinilai sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan juga kesejahteraan sebuah keluarga, dengan memperhatikan beberapa aspek, mulai dari pendidikan, kesehatan, kualitas SDM, hingga perekonomian.

Karenanya, Rusmadi mengharapkan agar seluruh desa di Kabupaten Tabalong dapat melakukan pendataan terkait kekurangan dan kelebihan yang mayoritas dimiliki oleh keluarga.

"Nah, kami berharap desa-desa lain yang ada di Kabupaten Tabalong ini hendaklah dapat juga meningkatkan kualitas-kualitas keluarganya, paling tidak akan didata secara baik yang mana harus kita tingkatkan kesejahteraannya. Di bidang apa saja yang perlu kita dongkrak untuk meningkatkan itu. Sehingga dengan ditingkatkannya di bidang yang kurang maka akan meningkat juga kesejahteraan secara menyeluruh," ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong.

Rusmadi juga berharap agar sinergitas dan koordinasi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga sejumlah stakeholder terkait dapat terus berjalan dengan baik, sehingga upaya dalam meningkatkan kualitas keluarga di Kabupaten Tabalong dapat benar-benar terealisasi dengan baik.

Diketahui, saat ini Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, ditunjuk mewakili Kabupaten Tabalong pada penilaian peningkatan kualitas keluarga tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)