Oleh Kominfo   Rabu, 10 Juli 2024
Disbunnak Tabalong Sediakan Ribuan Stok Vaksin untuk Hewan
69 Kali dilihat
Peternakan

Hingga awal Juli 2024, Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong telah menyuntikkan puluhan ribu dosis vaksinasi kepada hewan unggas, ternak, maupun peliharaan. Vaksin tersebut mayoritas ditujukan pada unggas.

Sebanyak 29.897 dosis vaksinasi diberikan Disbunnak kepada hewan unggas, ternak, maupun peliharaan yang ada di Tabalong.

Vaksinasi tersebut terbagi menjadi 4 jenis, yakni vaksin Jembrana bagi sapi Bali sebanyak 530 dosis dari 1.000 dosis yang dimiliki, vaksin PMK bagi seluruh jenis sapi sebanyak 1.500 dosis dari 5.000 dosis yang dimiliki, vaksin rabies bagi hewan peliharaan khususnya anjing sebanyak 630 dosis dari 2.000 dosis yang dimiliki, serta vaksinasi N-D dan flu burung bagi unggas sebanyak 27.237 dosis dari target 38.000 dosis.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan KesmaVet Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, mengatakan vaksinasi ini dilakukan untuk menjaga kesehatan hewan sehingga tidak mudah terpapar virus atau penyakit.

"Kami imbau kepada masyarakat yang punya hewan ternak, baik sapi, kambing, unggas, setidaknya harus dilakukan vaksinasi secara rutin, menghubungi kami di Dinas Perkebunan dan Peternakan, supaya semua ternak aman, tidak ada kematian ternak. Yang kedua, kami imbau juga untuk menjaga kebersihan kandang, sanitasi, supaya kalau kandang semuanya bersih, bibit penyakit itu tidak ada di kandang tersebut, sehingga tidak menimbulkan dampak penyakit dan kematian ternak," drh. Suwandi, Kabid Keswan & KesmaVet Disbunnak Tabalong.

Suwandi menambahkan, dari hasil vaksinasi beberapa tahun terakhir, tidak ada laporan penyakit terhadap hewan ternak di Tabalong, baik PMK maupun rabies.

Sedangkan untuk wabah kematian unggas, sempat menyerang Tabalong beberapa bulan lalu, khususnya terjadi pada unggas yang berkeliaran bebas di luar kandang.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)