Oleh Kominfo   Selasa, 11 Juni 2024
Rakerprov GOBI Kalsel Perdana Bahas Program Pengembangan Olahraga Balogo
41 Kali dilihat
Olahraga

Pengurus Provinsi Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) Kalimantan Selatan menggelar Rapat Kerja Provinsi GOBI pada Sabtu, 8 Juni 2024. Kalsel menjadi provinsi pertama yang menggelar rapat kerja GOBI sejak ditetapkan sebagai induk organisasi olahraga pada 18 Mei 2024 lalu.

Rakerprov GOBI Kalimantan Selatan digelar di Gedung Balairung Sari, Taman Budaya Banjarmasin.

Rakerprov ini turut dihadiri Ketua GOBI Nasional Abdul Haris Makkie, Ketua GOBI Kalimantan Selatan Suwardi Sarlan, perwakilan Pengurus KORMI Provinsi Kalimantan Selatan Yanuar Frans, serta seluruh pengurus GOBI se-Kalimantan Selatan.

Pada Rakerprov ini dibahas beberapa program dan rencana kerja yang harus segera diselesaikan oleh GOBI guna pelestarian olahraga tradisional khas Kalimantan Selatan tersebut.

Selain itu, melalui Rakerprov ini juga dibahas persiapan cabang olahraga Balogo untuk masuk dalam cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) tahun 2025 di Nusa Tenggara Barat.

Ketua GOBI Nasional, Abdul Haris Makkie, mengaku optimis olahraga Balogo akan semakin berkembang sehingga ke depan bisa dipertandingkan sebagai olahraga resmi, bukan lagi eksibisi.

"Saya kira kita harus melihat dulu cabang-cabang yang akan dilombakan seperti apa, kemampuan kita seperti apa, tentu kita harus mempersiapkan atlet-atlet kita. Berdasarkan pengalaman FORNAS di Bandung dan Palembang, saya kira potensi kita luar biasa. Oleh karena itu, kita optimis nanti bisa dilombakan tidak eksibisi lagi. Saya kira akan ditambah kelas pertandingannya," ujar Abdul Haris Makkie, Ketua GOBI Nasional.

Pengurus KORMI Kalimantan Selatan, Yanuar Frans, mengapresiasi atas diresmikannya GOBI sebagai induk olahraga baru di KORMI Nasional. Frans berharap agar GOBI Kalimantan Selatan gencar mensosialisasikan olahraga tradisional tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat di Indonesia.

"Harapan kita bukan Kalimantan Selatan saja, Balogo for Indonesia kita inginnya. Karena Balogo ini bukan hanya sekarang, bukan hanya milik kita, tetapi ini sudah milik Indonesia dengan dibuktikan sebagai salah satu cabang olahraga resmi di republik ini. Makanya, Balogo ini pun bukan bicara hari ini, bukan milik Banua lagi, tetapi kita wakafkan untuk olahraga Indonesia. Itu yang kami harapkan. Jadi, ke depannya dengan kekuatan kawan-kawan pengurus yang banyak ini mungkin melakukan sosialisasi yang lebih kreatif agar orang bisa mengetahui olahraga Balogo ini ternyata nyaman dipermainkan dan enak dipandang," ujar Yanuar Frans, Pengurus KORMI Kalimantan Selatan.

Selain Rakerprov, GOBI Kalsel juga menggelar pengukuhan pengurus GOBI Kabupaten Barito Kuala.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)