Oleh Kominfo   Selasa, 11 Juni 2024
PJ Bupati Tabalong Harapkan Potensi SAR Lebih Profesional dan Terkoordinasi
28 Kali dilihat
Pemerintahan

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, mengapresiasi pelatihan teknis Medical First Responder Potensi SAR yang digelar Basarnas Banjarmasin. Pasalnya, kegiatan tersebut dinilai sebagai bentuk pembinaan personil dan koordinasi dengan potensi SAR di Tabalong.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, saat membuka kegiatan pelatihan teknis Potensi SAR Medical First Responder pada Senin, 10 Juni 2024, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi Pembataan.

Hamida mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan upaya bersama yang dilakukan agar ketika melakukan operasi SAR dapat lebih profesional serta terkoordinasi.

Terlebih, Medical First Responder (MRF) berperan sangat vital dalam memberikan pertolongan pertama yang tepat dan efektif sebelum tim medis lanjutan tiba di lokasi.

Untuk itu, Hamida menilai pelatihan ini sangat penting bagi potensi SAR untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai situasi darurat dan bencana.

Maka dari itu, Hamida berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan bersungguh-sungguh guna menciptakan sumber daya manusia dengan kompetensi SAR yang baik dan siap siaga saat diperlukan.

“Kami tentu berharap banyak para peserta khususnya ini diikuti dengan serius dengan sesama karena kita mempersiapkan tim Basarnas kita, khususnya Kabupaten Tabalong, akan selalu siap siaga di lapangan,” kata Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Hamida juga menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi antar tim dan lembaga terkait dalam penanganan bencana. Sehingga melalui sinergi yang baik antara pemerintah, lembaga, dan masyarakat, maka dapat meminimalisir dampak dari bencana yang mungkin terjadi.

(Nova Arianti/TV Tabalong)