Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida
Munawarah, meminta Forum Konsultasi Publik wajib dihadiri masyarakat dan
mengedepankan komunikasi dua arah. Pasalnya, saran dan masukan masyarakat
berperan penting untuk perbaikan pelayanan pemerintah.
Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Setda
Tabalong, Hamida Munawarah, saat membuka Forum Konsultasi Publik Kabupaten
Tabalong sektor Lingkungan Hidup dan sektor Koperasi UKM Perindustrian dan
Perdagangan, pada Rabu, 15 November 2023, di Gedung Pusat Informasi Pembangunan
Tanjung.
Hamida menuturkan, Forum Konsultasi Publik
(FKP) ini harus menghadirkan masyarakat sebagai upaya membangun sistem
penyelenggaraan pelayanan publik, serta mengedepankan komunikasi yang bersifat
dua arah.
Pasalnya, menurutnya, masyarakat selaku
pengguna layanan dapat mengusulkan dan memberikan saran serta masukan kepada
penyelenggara pelayanan publik atas layanan yang diterima dan dirasakan.
“Pelaksanaan pelayanan publik ini wajib
mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan
pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel. Peran serta masyarakat
dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik perlu diwujudkan dalam bentuk
kerjasama, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat, serta peran aktif mulai dari
tahap penyusunan hingga evaluasi kebijakan pelayanan publik.” ujar Hamida
Munawarah, Sekretaris Daerah Setda Tabalong.
Hamida menambahkan, perlu dibangun
kerjasama yang solid dan adanya sinergi yang kuat antara pemerintah dengan
masyarakat Tabalong, sehingga dapat menemukan solusi terbaik dalam peningkatan
pelayanan publik.
Ia juga berharap melalui forum ini, seluruh
SKPD dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik bagi
masyarakat Tabalong.
(Gazali Rahman/TV Tabalong)