Oleh Kominfo   Kamis, 16 November 2023
Sekda Minta Masyarakat Dilibatkan dalam Forum Konsultasi Publik Pelayanan
251 Kali dilihat
Pemerintahan

Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawarah, meminta Forum Konsultasi Publik wajib dihadiri masyarakat dan mengedepankan komunikasi dua arah. Pasalnya, saran dan masukan masyarakat berperan penting untuk perbaikan pelayanan pemerintah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Setda Tabalong, Hamida Munawarah, saat membuka Forum Konsultasi Publik Kabupaten Tabalong sektor Lingkungan Hidup dan sektor Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, pada Rabu, 15 November 2023, di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung.

Hamida menuturkan, Forum Konsultasi Publik (FKP) ini harus menghadirkan masyarakat sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik, serta mengedepankan komunikasi yang bersifat dua arah.

Pasalnya, menurutnya, masyarakat selaku pengguna layanan dapat mengusulkan dan memberikan saran serta masukan kepada penyelenggara pelayanan publik atas layanan yang diterima dan dirasakan.

“Pelaksanaan pelayanan publik ini wajib mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel. Peran serta masyarakat dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik perlu diwujudkan dalam bentuk kerjasama, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat, serta peran aktif mulai dari tahap penyusunan hingga evaluasi kebijakan pelayanan publik.” ujar Hamida Munawarah, Sekretaris Daerah Setda Tabalong.

Hamida menambahkan, perlu dibangun kerjasama yang solid dan adanya sinergi yang kuat antara pemerintah dengan masyarakat Tabalong, sehingga dapat menemukan solusi terbaik dalam peningkatan pelayanan publik.

Ia juga berharap melalui forum ini, seluruh SKPD dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat Tabalong.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)