Oleh Abdi   Jumat, 12 Mei 2023
Dewan Siap Dukung Pengembangan dan Pengoptimalan Pasar Agribisnis
234 Kali dilihat
Berita Parlemen

Pimpinan DPRD Kabupaten Tabalong, yakni Wakil Ketua DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf siap mendukung pengembangan pasar agribisnis Kembang Kuning agar semakin optimal. Habib pun melalui DPRD siap men support dalam hal anggaran yang dibutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Habib Muhammad Taufani Alkaf saat diwawancarai usai tinjauan ke pasar agribisnis Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai, bersama Komisi 2 DPRD Tabalong pada Rabu, 10 Mei 2023.

Selaku pimpinan di Badan Anggaran DPRD Tabalong, Habib mengatakan bahwa dirinya siap men support anggaran untuk kegiatan pertanian dan perkebunan di Tabalong, termasuk adanya keberadaan pasar agribisnis ini. Terlebih, dengan adanya pasar agribisnis ini untuk menunjang Tabalong sebagai penyangga IKN yang ada di Kalimantan Timur.

Habib Muhammad Taufani Alkaf meminta kepada SKPD terkait yang menangani pasar agribisnis, seperti Dinas Koperasi UKM Perindag Tabalong, Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, serta Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, untuk membuat perencanaan yang matang untuk pengembangan pasar agribisnis ini.

"Untuk penganggaran sendiri kita support untuk kegiatan perkebunan yang memang menunjang IKN, harus dianalisis betul-betul nanti, tapi tidak serta merta kita memberikan. Kalau analisisnya tidak maksimal, kita tidak serta-merta men support dinas tersebut. Jadi harus jelas dulu kegiatannya direncanakan dengan baik, outcome-nya harus jelas outcome-nya dulu. Kita anggaran ini memang ada kesempatan DBH di perubahan, ini penambahan DBH cukup besar, maka dulu kita analisis dulu bikin perencanaan semaksimal mungkin, pelaksanaannya bisa di 2024 kita matangkan lah dulu," ujar Habib Muhammad Taufani Alkaf, Wakil Ketua II DPRD Tabalong.

Selain itu, Habib pun menyambut baik dengan adanya rencana Pemkab Tabalong untuk melaksanakan kegiatan agrowisata di lokasi pasar agribisnis Kembang Kuning. Pasalnya, dengan langkah seperti itu, maka diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung ke pasar agribisnis, terlebih letak pasar agribisnis berada di jalan Trans Kalimantan yang menjadi perlintasan Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Timur.

(Nova Arianti/TV Tabalong)