Oleh Abdi   Minggu, 16 April 2023
Perjuangkan Percepatan Listrik di Desa Terpencil, Komisi III DPRD Temui Jajaran Kementerian ESDM
234 Kali dilihat
Berita Parlemen

Perjuangkan upaya percepatan pemasangan jaringan listrik di sejumlah desa terpencil di Tabalong, Komisi III DPRD Tabalong temui jajaran Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI di Jakarta pada Selasa, 4 April 2023 lalu.

Dipimpin Ketua Komisi III DPRD Tabalong Supoyo didampingi sejumlah anggota, pertemuan dengan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI membahas soal program listrik pedesaan.

Dalam pertemuan ini, Komisi III DPRD Tabalong menyampaikan sejumlah desa di Tabalong yang belum atau hanya sebagian wilayahnya yang teraliri listrik, seperti Desa Panaan, Dambung Raya, Hegarmanah, Bumi Makmur, Kecamatan Bintang Ara, Desa Sungai Kumap, Salikung, Binjai Kecamatan Muara Uya, dan Desa Solan Kecamatan Jaro.

Dari pertemuan ini pula, Komisi III DPRD Tabalong mendapat kepastian soal permasalahan listrik tersebut akan ditindaklanjuti Kementerian ESDM di tahun 2023 ini melalui program listrik gratis untuk masyarakat di pedesaan dan masyarakat miskin di perkotaan, dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi, konkretnya untuk di Kabupaten Tabalong khusus untuk dua kecamatan yang ada di Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Bintang Ara, di tahun 2023 ini yang desa-desa tertinggal sudah terealisasi untuk pemasangan listrik," ujar Supoyo, Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Supoyo berharap pada tahun 2024 mendatang seluruh desa dan kelurahan yang ada di Tabalong telah teraliri listrik atau ditetapkan sebagai pelanggan PLN.

Dirinya juga berharap melalui listrik tersebut kiranya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber energi, keperluan industri, sarana hiburan, penunjang dalam mencapai ilmu pengetahuan, dan upaya peningkatan kesejahteraan.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)