Oleh Kominfo   Kamis, 16 Juni 2022
Tiba Di Madinah, Seluruh Jamaah Calon Haji Tabalong Sehat
204 Kali dilihat
Info Haji

Jamaah calon haji asal Tabalong, yang berangkat ke Arab Saudi di kloter pertama Embarkasi Banjarmasin, pada 12 Juni 2022, tiba di Bandara King Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah pada 13 Juni 2022, sekitar pukul 9.40 waktu arab saudi. Kedatangan seluruh Jamaah Tabalong dipastikan oleh petugas haji Tabalong,  dalam kondisi sehat.

Jamaah Calon Haji Tabalong sendiri seluruhnya ditempatkan di satu hotel yang sama, tepatnya di hotel jewar assaqefah yang berjarak sekitar 1,1 kilometer dari Masjid Nabawi. Sesampainya di Madinah, para jamaah ini mengikuti segala rangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas di madinah. Seperti pemeriksaan paspor, pemeriksaan hasil tes PCR, hingga pemeriksaan bagasi atau barang bawaan jamaah.

Petugas Haji Indonesia, Kabupaten Tabalong, Yanrahmat, saat dikonfirmasi via telepon menjelaskan, kondisi seluruh Jamaah Haji Tabalong dalam kondisi sehat dan selamat. Sedangkan jamaah yang memiliki penyait bawaan menjadi prioritas perhatian petugas haji Indonesia. Yanrahmat juga menjelaskan, setibanya di Arab Saudi, jamaah mengikuti serangkaian ibadah, salah satunya shalat Arbain, yang dilakukan di masjid nabawi madinah.

"Jadi dari 258 jamaah kita kondisinya alhamdulillah sehat, cuma ada 4 orang jamaah yang memang waktu berangkat itu ada yang bekas stroke ringan lah, tapi itu tetap kami dampingi, dan alhamdulillah kita dihari pertama terhitung shalat arbain dimulai waktu zuhur, karena kita datang sekitar jam 10 an, jadi kawan kawan sudah siap, yg terkait masalah kesehatan fisiknya, yg kurang kuat berjalan, kami dampingi, di hari pertama alhamdulillah semua kami bawa untuk shalat arbain di mesjid nabawi" Kata Yanrahmat, Petugas Haji Indonesia Kab. Tabalong. Wawancara via telepon.

Di hari kedua, para petugas melakukan pertemuan dengan para jamaah, sebagai persiapan untuk menuju mekkah dan ziarah ke beberapa tempat. Menurut informasi, jamaah haji Tabalong akan berada di madinah selama 9 hari, dan diperkirakan, pada 21 Juni nanti, para jamaah sudah berangkat menuju Mekkah Al Mukarramah. (Muhammad Ariadi).