Oleh Kominfo   Senin, 27 Juni 2022
Sekda Tabalong Ajak Warga Terapkan Germas
223 Kali dilihat
Kesehataan

Dinas Kesehatan Tabalong gencar mempromosikan gerakam masyarakat hidup sehat, salah satunya dnegan menggelar rapat koordinasi forum germas pada 22 Juni 2022 di tanjung. Rakor germas ini dipimpin sekretaris daerah kabupaten tabalong abdul muthalib sangadji, dan dihadiri unsur skpd, unsur pemerintah kecamatan, stakeholder terkait, serta undangan lainnya.

Dalam forum ini disampaikan fokus germas di periode ini fokus untuk melakukan aktvitas fisik, baik disekolah, di rumah, maupun di tempat kerja, minimal 30 menit sehari. Selain itu mengkonsumsi sayur dan buah dalam keseharian, agar mengurangi makanan yang mengandung gula, garam dan minyak. Selain itu masyarakat juga diminta untuk memeriksakan kesehatan secara berkala setiap 6 bulan sekali.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji meminta seluruh undangan yang hadir agar bisa berperan dalam germas. Pasalnya germas tidak hanya dilakukan oleh individu, namun juga dilakukan di tingkat keluarga, masyarakat, akademis, dunia usaha, organisasi, serta pemerintah, agar terciptanya masyarakat yang sehat.

"dari rapat forum ini kita membuat strategi-strategi seperti apa supaya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik yg pada akhirnya adalah semua kita berprilaku hidup sehat" Kata Abdul Muthalib Sangadji, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong.

Acuan dalam pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat, telah tertuang dalam instruksi presiden republik indonesia, peraturan menteri PPN, serta telah tertuang di dalam peraturan bupati kabupaten tabalong, untuk menciptakan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat. Pasalnya dengan berprilaku sehat, maka kesehatan akan terjaga, masyarakat akan produktif, lingkungan bersih, dan juga biaya untuk berobat akan berkurang. (Nova Arianti).