Oleh Kominfo   Senin, 20 Juni 2022
Desa Masingai 1 Jadi Fokus Peningkatan Ketahanan Keluarga
92 Kali dilihat
Sosial

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tabalong, mengikuti rapat koordinasi bersama Dinas P3A Provinsi Kalimantan Selatan, pada 15 Juni 2022 di Tanjung. Rakor membahas terkait peningkatan pelaksanaan kualitas keluarga di Tabalong, khsususnya untuk desa masingai 1 Kecamatan Upau.

Sebelumnya, Desa Masingai 1 berhasil meraih posisi pertama dalam upaya peningkatan keluarga untuk Kabupaten Tabalong. Sebelum melangkah menuju ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas P3A Provinsi Kalimantan Selatan memberikan beberapa masukan hasil verifikasi lapangan oleh Dinas Provinsi. Seperti masih ada beberapa anak yang belum mempunyai akte kelahiran, kemudian masih ada warga yang belum memiliki akta nikah. Dan beberapa kekurangan lainnya.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, rusmadi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan ke lapangan. Sehingga kekurangan-kekurangan yang disampaikan oleh dinas provinsi tadi, dapat diatasi, agar tercapai peningkatan ketahanan keluarga di Desa Masingai 1.

"Itu nanti akan kami lakukan pembinaan kembali bersama tim di kabupaten, ke desa masingai 1, agar semua semua itu dapat diatasi dengan baik, dan untuk rapat koordinasi selanjutnya bersama tim provinsi kalimantan selatan ini semua hal hal yang disebutkan tadi, termasuk juga ada beberapa kebiasaan masyarakat yang masih membuang air di jamban, itu akan kami kroscek kelapangan dulu, apakah ada atau tidak, kalu itu ada maka kita akan tiadakan tentunya, karena dengan adanya ini pembinaan terhadap kekurangan yang disampaikan itu akan kita atasi sampai nol, atau tidak ada lagi kekurangan." Kata Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Rusmadi juga menyebut, ketahanan keluarga di Desa Masingai 1 sudah mencapai 80 persen, sehingga akan diperbaiki dalam waktu dekat. seperti diketahui, Desa Masingai 1 menjadi wakil kabupaten Tabalong dalam penilaian ketahan keluarga tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada November Mendatang. (Muhammad Ariadi).