Oleh Kominfo   Selasa, 07 Juni 2022
48 Sekolah Di Tabalong Terapkan Sekolah Inklusi
353 Kali dilihat
Pendidikan

Komisi Satu DPRD Tabalong bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, menggelar rapat pembahasan sekolah inklusi yang ada di Kabupaten Tabalong, pada 4 Juni 2022. Sekolah inklusi sendiri merupakan sekolah yang memberi ruang pembelajaran bagi murid berkebutuhan khusus, agar mendapatkan kesempatan yang sama seperti anak sekolah pada umumnya.

Tercatat hingga saat ini, di Kabupaten Tabalong terdapat 48 sekolah yang sudah melaksanakan sekolah inklusi. Terdiri dari 5 sekolah di jenjang TK, 26 sekolah di jenjang SD, dan 17 sekolah di jenjang SMP. Sekolah inklusi ini menyebar di seluruh wilayah yang ada di Tabalong.

Kepala bidang pembinaan SMP Disdikbud Tabalong, sutimbul mengatakan, seluruh sekolah reguler, saat ini wajib menerima anak berkebutuhan khsusus. Dengan syarat sekolah memiliki tenaga pendidik yang mempuni.

"Seluruh sekolah reguler itu wajib menerima anak-anak kita yang ABK. Tentu nanti seperti apa ABK nya apakah bisa di akomodir di sekolah inklusi. Itu nanti ada sejenis rekomendasi dari pskiater. Kalau memang perlu penanganan yang lebih khusus menurut psikiater maka mungkin akan diusulkan ke sekolah luar biasa." Kata Sutimbul, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Tabalong.

Hal ini pun dilakukan, agar anak berkebutuhan khusus tetap dapat mengenyam pendidikan seperti siswa lainnya, di sekolah reguler.  Meski dengan pembelajaran atau pendampingan yang khusus.  (Maria Ulfah).