Oleh Kominfo   Senin, 16 Mei 2022
Waspada Hepatitis Akut, Dinkes : Segera Lapor Jika Bergejala
115 Kali dilihat
Kesehataan

Meski di Kalimantan Selatan, termasuk Tabalong, saat ini belum ditemukan kasus hepatitis akut, namun pihak dinas kesehatan tabalong telah mengunstruksikan puskesmas se Tabalong untuk bersiaga. Puskesmas diminta melakukan screening agar dapat mengindentifikasi penyakit hepatitis ini di tengah masyarakat.

“Jadi kita sudah mendapatkan edaran kewaspadaan dini mengenai kasus ini dari kemenkes, kemudian akan kami follow up kebawah ya, kepada puskesmas dan sebagainya, kemudian kita tetap mengikuti informasi global dari pemerintah, karena memang ada juga yang mengkaitkan bahwa hepatitis ini terkait dengan orang yang pernah riwayat terkena sars cov 2 atau covid 19, nah apa kah ini terkait dengan covid 19 atau tidak ini masih dalam penelitian.” Kata Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinkes Tabalong.

Dokter Taufiq juga mengimbau masyarakat Tabalong, yang menemukan gejala mengarah ke hepatitis, untuk segera memeriksakan diri ke puskemas terdekat. Sehingga petugas dapat mengindentifikasi penyakit dengan cepat, agar mendapat penanganan tepat. (Dano Nafarin Dan Gazali Rahman).