Oleh Kominfo   Senin, 23 Mei 2022
Ini Beda Kurikulum Merdeka Belajar Yang Diterapkan Di Tabalong
82 Kali dilihat
Pedidikan

Tabalong – Sejak tahun 2020 lalu Kemendikbudristek sudah mulai menggaungkan sistem merdeka belajar dalam lingkup pendidikan,  mulai dari adanya sekolah penggerak  guru penggerak  hingga pergeseran kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka.

Di tahun 2022 ini, kurikulum merdeka sudah mulai di terapkan di sejumlah sekolah Di Tabalong sendiri, saat ini tercatat sebanyak 44 Sekolah yang sudah Menerima SK sebagai sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka.

Seperti yang dijelaskan kepala seksi kurikulum dan peserta didik Disdikbud Tabalong, Khusnul Anwar  44 sekolah yang saat ini akan mengimplementasikan kurikulum merdeka terdiri dari seluruh jenjang  mulai dari jenjang paud, sd, smp, hinga smk dan sma.

Dari paud ada 1 sekolah yang sudah mendaftar, kalau dari sd itu ada 31 sekolah, kemudian ada juga dari SMA dan SMK kemaren juga sudah ada yang mendaftar. di SK yang tahap pertama itu SMA di kabupaten tabalong itu ada 9, SMK ada 3. Total untuk sementara kabupaten Tabalong yang akan menerapkan kurikulum merdeka itu ada 44 sekolah mulai dari PAUD SD SMP SMA dan SMK.” Kata Khusnul Anwar, Kepala Seksi Kurikulum Dan Peserta Didik Disdikbud Tabalong.

Khusnul pun menambahkan satuan pendidikan memiliki kebebasan dalam penerapan kurikulum di sekolahnya masing-masing, namun ia menilai kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang paling tepat untuk memajukan dunia pendidikan sat ini,pasalnya kurikulum tersebut merupakan kurikulum yang berorientasi pada peserta didik  serta menuntut para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran kepada para peserta didik. ( MC Tabalong/Maria Ulfah).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id