Oleh Kominfo   Kamis, 07 April 2022
Puasa Mampu Kurangi Resiko Diabetes Hingga Kanker
102 Kali dilihat
Uncategorized

Tanjung, Sejak 3 April 2022 umat muslim di Indonesia menjalankan ibadah puasa ramadhan Selain untuk menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, ternyata dengan berpuasa dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut berbagai penelitian medis berpuasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ada beberapa resiko penyakit yang dapat diminimalisir dengan berpuasa, seperti mampu meminimalisir stres, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena diabetes, bahkan dapat mengurangi resiko terkena kanker.

“manfaat berpuasa itu sangat banyak sekali bagi kita semua karena dengan berpuasa kadar gula kita akan terkontrol, kemudian jika puasa kita dilakukan dengan tepat artinya ada pembatasan kalori otomatis berat badan kita juga akan terkontrol, dengan terkontrol nya berat badan atau bahkan menurunkan berat badan kolesterol juga akan ikut terkendali, beberapa resiko penyakit jantung juga akan berkurang dengan kita melakukan puasa, peradangan ditubuh juga akan terkendali dengan puasa sehingga dengan menurunnya peredangan resiko-resiko terjadinya penyakit kanker juga akan menurun.” Kata dr. Nindya Susiarini, Dokter Umum.

Dokter Nindya menambahkan faktor penting yang harus diperhatikan saat berpuasa yakni asupan saat sahur dan berbuka dengan menjaga pola makan yang  sehat dan sesuai kebutuhan tubuh, pasalnya makan saat sahur akan berpengaruh pada pasokan energi dalam tubuh untuk menjalankan aktivitas dari pagi hingga sore hari. Saat bebuka tubuh membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa,sehingga apabila pola makan tidak sehat dan sesuai tentu dapat berdampak terhadap kesehatan tubuh. ( MC Tabalong/Nova Arianti).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id