Oleh Kominfo   Kamis, 14 April 2022
Kelompok Prima Binaan DP3AP2KB Untungkan Pelaku Usaha
163 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

Tabalong, Infopublik –  Inilah sejumlah produk hasil olahan tangan dari Kelompok Prima binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong, berbagai produk makanan, kerajinan tangan, hingga kain batik Tabalong, dipasarkan di toko prima yang terletak di Pasar Mabuun.

Kelompok Prima sendiri merupakan kumpulan dari ibu rumah tangga di desa yang diberi pelatihan keterampilan agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga, tidak hanya pelatiha  keterampilan kelompok ini juga dibina dalam mengemas dan memasarkan produknya, sehingga pelatihan benar-benar dimanfaatkan untuk membangun usaha.

“sebulan tuh bisa 50,  kalau banyak permintaan bisa sampai 100 kalau pendapatannya rata-rata lima ratus, tapi kalau permintaannya banyak, lebih bisa dua kali lipat.” kata Misla Wati, dari Kelompok Prima Desa Burum.

”tanggapan saya ya adanya Toko Prima membantu UKM untuk memasarkan produknya di Tabalong.” Kata Rani Maya Sari, dari Kelompok Prima Tanta Hulu.

“Kalau campur-campur kacang sama uyah, abon ada juga. Dua jutaan bisa sebulan amun dikumpulkan.” Kata Mahmudah, dari Kelompok Prima Desa Batang Banyu.

Keaktifan peserta Kelompok Prima dalam mengembangkan usaha, menjadi nilai tambah bagi fasilitator pelatihan, yakni DP3AP2KB Tabalong. Pasalnya keaktivan pelaku usaha menjadi pertimbangan DP3AP2KB Tabalong dalam memberikan bantuan lanjutan untuk menambah modal, baik dalam bentuk uang maupun peralatan usaha. ( MC Tabalong/Maria Ulfah).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id