Oleh Kominfo   Rabu, 13 April 2022
Keberagaman Suku, Adat Dan Agama Desa Masingai II Terpilih Jadi Kampung Pancasila
115 Kali dilihat
Sosial & Budaya

Tanjung, Desa Masingai Dua ditetapkan sebagai Kampung Pancasila pertama di Tabalong, Kampung pancasila merupakan program dari petinggi TNI yang dilaksanakan oleh jajaran dibawahnya.

Pemilihan desa masingai dua sebagai kampung pancasila melewati diskusi panjang dari tiga pilar kecamatan. Pemilihan kampung pancasila sendiri didasari dari kondisi stabilitas desa dengan keberagaman suku, adat dan agama.

Seperti yang ada di desa masingai dua ini dengan keberagamannya warga dapat hidup damai berdampngan. Nilai-nilai pancasila utamanya gotong royong rutin dilaksanakan warga kondisi seperti ini pun, dijelaskan Camat Upau  telah berlangsung sejak turun temurun.

“Sekitar 1-2 minggu yang lalu kami dengan pak kapolsek pa danramil membicarakan adanya launcing kampung pancasila di Kecamtan Upau, saya sangat antusias menerima itu, dan saya berdiskusi dengan danramil, ingin memastikan bahwa kampung yang dipilih ini memang betul betul merupakan kampung yang sudah melaksanakan apa apa yang menjadi intisari dari konsep pancasila, yaitu adanya keberagaman, adanya gotong royong, tidak ada isu sekularisme dan sebagainya, untuk itulah kami sepakat memilih desa Masingai II ini sebagai salah satu desa yang dicanangkan menjadi kampung pancasila di kabupaten Tabalong.” Kata Rofik Aziddin, Camat Upau.

Rofik menjelaskan berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakat dilaksabakan warga secara gotong royong di desa ini. Dimana kondisi seperti ini, kini mulai sulit ditemukan, karena orang-orang mulai hidup cenderung lebih individual. (MC Tabalong/Muhammad Ariadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id