Oleh Kominfo   Senin, 18 April 2022
Bantuan Bibit Karet Pola Supradin Mulai Disalurkan Disbunak Tabalong
317 Kali dilihat
Pertanian & Perkebunan

TV Tabalong - Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, menyerahkan bantuan bibit karet kepada 3 kelompok tani di Kecamatan Tanjung pada 11 April 2022. 3 kelompok tani yang mendapat bantuan program peremajaan karet ini yaitu Kelompok Tani Pamarangan Kiwa, Kelompok Tani Sungai pimping dan desa Kambitin Raya.

Bantuan bibit karet diserahkan untuk peremajaan lahan karet petani di kecamatan tanjung seluas 35 hektar. Dimana setiap satu hektar, mendapatkan bibit karet 420 batang. Selain bibit karet, juga diserahkan bantuan lain seperti sparyer elektrik, herbisida, fungisida dan pupuk pmlt.

Di kesempatan ini, disbunnak meminta petani penerima bantuan untuk menerapkan pola tanam supradin, yaitu pola tanam karet berjarak. Sehingga di sela tanaman karet, petani masih bina menanam tanaman lain, sebagai laternatif tambahan penghasilan, untuk mengantisipasi anjloknya harga karet.

"Memang metode pola SUPRADIN ini menang terkait kemaren harga karet sempat jatuh, sehingga para petani karet ini katakan lah agak kesulitan memenuhi hajat hidupnya, sehingga kita mencari salah satu cara bagaimana supaya petani karet ini bisa tetap bertahan ditengah krisis harga yang sempat jatuh kemaren melalui pola supradin ini, yaitu peremajaan dengan pola supradin, dimana kita menyisakan lahan yang cukup untuk bercocok tanam selain mengharapkan hasil karet" Kata Norzain A Yani, Kepala Disbunnak Tabalong.

Petani penerima bantuan pun sepakat, akan menerapkan pola tanam supradin dalam peremajaan karet. Paslanya mereka telah mengetahui keunggulan pola tanam supradin, terutama dalam optimalisasi lahan, untuk meningkatkan pendapatan.

"Kita sebagai ketua kelompok tani sangat berterima kasih atas bantuannya dari dinas yaitu tanaman karet SUPRADIN, ya sangat berterima kasih, bersyukur bisa mendapatkan bantuan semacam ini di desa kami pamaranng kiwa ini" Kata Khairul, Poktan Karya Baru Pamarangan Kiwa.

"Pola supradin di Kambitin intergrasi sama ternak, jadi tengah nya itu ditanami rumput untuk makanan sapi, bantuan ini kami Terima kasih banyak, karena supradin ini aturannya 18 x 2,5 meter, jadi lahan yang tengah itu kita tanami sayur, bisa ditanami apa saja lah, program ini sangat lebih baik" Kata Jiman, Poktan Rukun Makmur Kambitin Raya.

Di tahun 2022, Disbunnak Tabalong telah menyiapkan bantuan bibit karet dengan total 66.360 batang. Bantuan ini ditujukan untuk petani karet di 4 Kecamatan, yaitu kecamatan tanjung, muara uya, haruai, dan Kecamatan Upau. (Muhammad Ariadi).