Oleh Kominfo   Rabu, 23 Maret 2022
Riam Mambanin, Wisata Tersembunyi Di Desa Marindi
303 Kali dilihat
Khas Daerah

TV Tabalong - Riam mambanin bisa menjadi alternatif pilihan warga tabalong menghibiskan akhir pekan di dalam daerah. Riam yang terletak di desa marindi kecamatan haruai ini, menawarkan riam yang bersih dan jernih, dengan suasana alam yang masih asri.

Riam mambanin memang tak sepopuler wisata alam lainnya di wilayah utara Tabalong sehingga tak padat pengunjung. Namun hal ini justru menjadi daya tarik lebih dari wisata alam ini. Karena kolam alami dengan pancuran air ini, terasa milik pribadi.

Salah satu pengunjugn Riam mambanin adalah nathanael hutabarat. Ia pun mengakui keindahan riam mambanin. Namun disisi lain ia juga menyayangkan, potensi wisata seindah riam mambanin masih sepi pengunjung.

 “Kurangnya pengelola sama promosi sih, padahal tempatnya bagus mas, airnya jernih terus perawatannya lumayan sih bagus, kurang ditatalah sama promosi.” Kata Nathanael Hutabarat, Pengunjung Riam Mambanin.

Pengelola riam mambanin, dani, mengakui pengunung di riam ini tak seramai tempat wisata alam lain di wilayah utara Tabalong. Hal ini diakuinya lantaran sulitnya akses ke lokasi riam ini, yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

 “soalnya disini, sabtu minggu dipadati pengunjung kalau cuacanya bagus, kalau ini kan cuacanya masih mendung, jalan licin sama jembatan jembatannya itu masih anu lagi, masih dalam keadaan darurat.” Kata Dani, Pengelola Riam Mambanin.

Tiket masuk riam membanin sendiri terbilang cukup murah. Hanya dengan membayar lima ribu rupiah, pengunjung sudah dapat menikmati landskap pepohonan hijau dan rindang, serta air terjun yang memanjakan mata. (Muhammad Dano Nafarin).