Oleh Kominfo   Sabtu, 04 Desember 2021
Begini Cara “Si Penari Api” Kenalkan Budaya Dayak di Pekan Raya Tabalong…
146 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Bermodalkan puluhan koleksi baju adat dayak dari kegemarannya menari, hayatun nufus atau yang sering di sapa nyai undan si penari api, sukses kumpulkan pundi-pundi rupiah dari jasa sewa kostum khas dayak, di acara Pekan Raya Expo Tabalong.

Berbagai kostum hingga aksesoris khas dayak dari berbagai daerah di kalimantan pun tersedia.

Hanya dengan membayar 20 ribu rupiah , pengunjung dapat sepuasnya mengenakan sejumlah kostum dan aksesoris tersebut , untuk berselfi maupun berfoto bersama.

Tak ayal, dalam semalam penyewaan ini mampu meraup untung hingga 800 ribu rupiah .

Salah satu pengunjung , Desy mengaku senang dengan adanya jasa sewa kostum tersebut, ia mengaku bangga bisa berfoto mengenakan baju khas dayak.

 “Biar pernah aja habis itu tertarik aja biar tau aja budayanya di budaya Dayak (kalau ibu tadi aslinya dari mana?) dari tebing tinggi Sumatra utara.” Kata  Desy, Pengunjung Pekan Raya Expo.

Sementara itu, Hayatun Nufus mengaku, ide usahanya tersebut tercetus lantaran sepinya job menari di masa pandemi covid-19 , melihat ada potensi di Pekan Raya Tabalong, dirinya memberanikan diri untuk membuka stand sewa kostum khas dayak.

 “karena kita punya banyak kostum jadinya kita adakan penyewaan dan Alhamdulillah ada saja gitu tambahan untuk dapur kita dengan kerajinan-kerajinan yang bisa kita pertontonkan juga bisa mereka sewa bisa mereka nikmati untuk kenang-kenangan dari budaya-budaya dayak.” Kata Hayatun Nufus, Pelaku Seni Tabalong.

Hayatun nufus menambahkan , selain sebagai cara untuk menghasilkan rupiah, hal tersebut juga dijadikan sebagai ruang untuk mengenalkan budaya dayak. (Gazali Rahman).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id