Oleh Kominfo   Senin, 23 Agustus 2021
Dukung Pilkades Serentak, Ini Upaya Pengadilan Negeri Tanjung..
141 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Pengadilan Negeri Tanjung Kelas II menjalin kerjasama dengan pihak Kecamatan dan Desa di Tabalong untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat. Kerjasama pelayanan dilakukan melalui program era terang.

Melakui program ini, pelayanan pengadilan dapat diakses melalui kecamatan setempat, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satunya untuk membantu kelancaran paksanaan pilkades serentak di tabalong. Pasalnya surat pernyataan bebas pidana dari pengadilan, menjadi salah satu syarat pendaftaran calon kepala desa.

 “kami bekerjasama dengan kecamatan dan desa desa untuk mensosialisasikan penggunaan eraterang, itu satu yang kedua kami juga bikin m-o-u dengan bapak bapak camat diseluruh tabalong ini bahwa masyarakat yang akan membuat surat keterangan dapat melalui kecamatan, nah tiap kecamatan itu punya satu email yang sudah kita verifikasi kemudian masyarakat datang kesana kemudian  akan didafrtarkan oleh petugas dari kecamatan dan mendapatkan bukti pendaftaran itulah yang akan dibawa kesini kemudian diambil surat keterangannya” Kata Wisnu Widiastuti-Ketua Pengadilan Negri Tanjung Kelas II.

Meski sudah dibantu proses pendaftarannya, terkadang masih ada beberapa warga yang kecolongan dalam mengurus surat pernyataan bebas pidana ini, sehingga diharuskan untuk mengulang kembali untuk mengajukan permohonan surat pernyataan-nya. (M. Arie Arieyadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id