Oleh Kominfo   Rabu, 21 Juli 2021
Bupati Anang Paparkan Inovasi Gema Bersinar Malaria Di hadapan Tim Panel Independen
199 Kali dilihat
Uncategorized

TABALONG – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama Dinas Kesehatan Tabalong mempresentasikan program gema bersinar malaria, atau gerakan masuk hutan berantas dan atasi malaria, pada 14 Juli 2021 secara virtual. Presentasi dilakukan pada tim panel independen, karena program gema bersinar malaria masuk dalam top 99 pada kompetisi inovasi pelayanan publik yang digelar Kemenpan RB.

Dalam paparannya Bupati Tabalong menyampaikan aksi yang dilakukan dalam gema bersinar malaria, yaitu dengan menangani permasalahan malaria, dari sumber atau hulu permasalahannya. Yaitu dengan mengedukasi dan mengobati pekerja hutan dari paparan malaria. Sehingga saat kembali ke pemukiman, mereka bebas dari penularan malaria, dan tidak menyebabkan penularan pada penduduk lainnya. Inovasi ini berhasil menurunkan angka kesakitan malaria di Tabalong, yang sebelumnya masuk dalam zona merah malaria, saat ini sudah berada pada zona hijau.

 β€œnah hasil dari semua itu bapa ibu sekalian yang kami hormati tahun 2015 angka malaria kami masih tinggi 2014 masih 1.726 kemudian 2015 1232 nah 2016 setelah dicanangkan turun drastic menjadi 925” kata Bupati Tabalong , Anang Syakhfiani.

Program gema bersinar malaria ini mendapat berbagai tanggapan dari tim panel. Umunya tim panel mempertanyakan beberapa poin pertanyaan yang belum jelas dipaparkan dalam waktu sekitar 7 menit.

Tabalong sendiri hingga tahun 2015 menjadi zona merah malaria karena tingginya penulaRan. Namun dengan program gema bersinar malaria, petugas kesehatan masuk langsung ke hutan mendatangi mengedukasi dan mengobati para pekerja hutan yang umumnya membawa parasit malaria. Sehingga saat kembali ke pemukiman, para pekerja ini terbebas rai malaria, dan tidak menularkannya ke orang lain. (Tim Liputan TV Tabalong).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id