Oleh Kominfo   Rabu, 10 Maret 2021
BPS Tabalong Menyelenggarakan FGD yang Bekerjasama dengan DISKOMINFOTIK
745 Kali dilihat
Uncategorized

Tanjung – Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong menggelar Focus Group Discussion atau FGD Publikasi Kabupaten Tabalong Dalam Angka Tahun 2021, dengan tema Koordinasi Data Statistik Sektoral untuk Indonesia Maju. Yang diselenggarakan di Hotel Jelita Tanjung, pada Kamis 25 Febriari 2021.

 

Kegiatan ini juga di hadiri oleh 31 instansi yang berada di Kabupaten Tabalong, dengan narasumber Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik. Dalam diskusi, disampaikan bahwa ada beberapa perbedaan data, seperti Badan Pusat Statistik (BPS) yang berbasis survey, sedangkan Disdukcapil dengan basis data terkait kependudukan.  Dan masih ada lagi Statistik Khusus yaitu data yang dikumpulkan oleh Lembaga-Lembaga tertentu.

 

Sehingga penggunaan yang berbeda namun angkanya mendekati. Dalam diskusi juga disampaikan bahwa data yang ada di Disdukcapil masuk dalam kategori Statistik Sektoral, sedangkan BPS adalah Statistik dasar. Selain pembahasan perbedaan metode, pembahasan dalam diskusi juga di sampaikan seperti pengumpulan dari data lembaga-lembaga terkait yaitu data yang ada di SKPD-SKPD, seperti Dinas PUPR, DP3AP2KB, dan lainnya.

 

Melalui acara kegiatan Focus Group Discussion atau FGD Tahun 2021 ini,  Kepala Dinas Komunikasi,  Informatika dan Statistik berharap agar semua SKPD-SKPD menyamakan persepsi agar di Forum-Forum yang akan datang bisa mempunyai kesamaan metode yang dipakai dalam mengambil data tersebut, dan juga diharapkankan konsistensi, mampu mengidentifikasi apa yang menjadi target SKPD yaitu target Pembangunan Daerah. (Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotik)