Prospek Investasi

Kabupaten Tabalong, keberadaannya tidak terlepas dari daerah sekitarnya, seperti Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Hulu Sungai Selatan, bahkan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, Interaksi Tabalong dengan daerah sekitarnya menentukan perkembangan kemajuan Tabalong dan daerah lain tersebut. Daerah sekitarnya dapat memberi kontribusi bagi perkembangan ekonomi Tabalong, begitu pula sebaliknya. Karena itu jaringan kerjasama ekonomi antara daerah itu sangat vital.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Khususnya pasal 87 dan 88 ayat (1) memberi peluang kepada daerah untuk menjalin dan mengembangkan kerjasama guna memacu pembangunan daerah di berbagai bidang, termasuk pembangunan ekonomi. Peluang ini bisa di manfaatkan dengan cara menjalin kerjasama antara Tabalong dengan daerah sekirtarnya. Misalnya, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, dan Hulu Sungai Selatan menjadi pusat produksi (Production Center), sedangkan Tabalong menjadi pusat pemasaran (marketing center) . Begitu pula kerjasama dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah karena Tabalong berbatasan dengan dua propinsi tersebut.

Banyak bentuk kerjasama yang bisa di jalin dan di kembangkan untuk membangun kawasan tersebut, baik dalam hal produksi barang, pemasaran, maupun pemanfaatan dan pengembangan sumber daya yang tersedia, seperti hasil pertanian, perkebunan, peternakan, kerajinan dan jasa, batu bara, hutan dan lainnya.

Booming batu bara yang bersifat terbatas baik waktu maupun kandungan depositnya Kabupaten Tabalong yang saat ini merupakan daerah penghasil terbesar ” emas hitam ” di samping Kabupaten Kotabaru dan Hulu Sungai Utara, itu merupakan aset yang menjadi primadona usaha masyarakat dan pengusaha karena dapat menyerap tenaga kerja meningkatkan PAD membuka peluang bagi investor untuk menanamkan modalnyauntuk meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat sebagai modal pembangunan Banua, perlu di manfaatkan untuk membangun pusat-pusat perekonomian sebagaimana di kemukakan di atas sebagai salah satu alternatif pembangunan perekonomian ke depan.


INVESTASI YANG DI BUTUHKAN TABALONG UNTUK MEMACU KEMAJUAN PEMBANGUNANNYA TERMASUK DI BIDANG EKONOMI ADALAH :

  1. Hotel Berbintang untuk melengkapi sarana dan fasilitas pariwisata daerah, sehingga memberi kenyamanan dan lebih refresentatif bagi wisatawan yang akan berkunjung ke daerah Tabalong.
  2. Hiburan Racing Roda dua dan empat, serta hiburan anak-anak. Tabalong telah memiliki area untuk racing, tinggal bagaimana mengisinya dengan berbagai event pertandingan . Di samping itu hiburan anak-anak juga di perlukan untuk menggairahkan kegiatan ekonomi karena anak-anak sangat terbatas untuk bisa menikmati hiburan bermain.
  3. Pertandingan olahraga berskala regional dan nasional. Dengan sarana dan fasilitas olah raga yang cukup memadai bisa di kembangkan pelaksanaan pertandingan yang berskala regional dan nasional. Pertandingan dengan skala luas akan memberi daya tarik tersendiri, sehingga merangsang masyarakat mengunjungi daerah Tabalong.
  4. Swalayan/mall plaza dan pusat-pusat perbelanjaan refresentatif akan menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Hulu Sungai. Keberadaan swalayan akan memberi kemudahan bagi masyarakat, dan melengkapi fasilitas ekonomi. 
  5. Industri kerajinan di Tabalong juga sangat besar, di perlukan investasi dan pemberdayaan untuk menghidupkan industri kerajinan tersebut yang banyak menyerap tenaga kerja. Berkembangnya industri kerajinan akan meningkatkan perekonomian daerah.
  6. Untuk mengembangkan potensi sumber daya alam, khususnya perkebunan, pertanian, dan lainnya di perlukan investor yang lebih banyak, karena itu perlu kebijakan yang kondusif agar investor menanamkan modalnya.
  7. Transportasi, dan sarana serta prasarana lainnya juga perlu di kembangkan agar tercipta sistem transportasi yang nyaman dan memadai selama ini transportasi darat memang masih terbatas, sehingga perlu di kembangkan untuk waktu yang akan datang a.l peningkatan Pelabuhan Udara. Warukin, Kemungkinan Jalan Kereta Api baik untuk angkutan barang maupun orang. Begitu pula dengan sarana dan prasarana pendukung lainnya, perlu di kembangkan sehingga pengembangan ekonomi daerah lebih sinergis.
  8. Untuk memacu investasi tersebut, bagi investor, pemerintah Kabupaten Tabalong memberi berbagai kemudahan, perlindungan terhadap investor yang sudah ada, perhatian yang cukup dari aspek keamanan, sehingga para investor baru tertarik menanamkan modalnya di Tabalong.
Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA