Oleh Kominfo   Selasa, 07 Desember 2021
PT Adaro Fasilitasi Pelatihan Kesehatan & Biosecurity Ternak di Ponpes Al-Islam Kambitin
18 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Inilah peternakan kambing di Pondok Pesantren Al Islam Kambitin, Kecamatan Tanjung, Binaan PT Adaro Indonesia melalui program Adaro Santri Sejahtera, sejak tahun 2019. Untuk memaksimalkan pembinaan yang diberikan, pada tahun ini PT Adaro Indonesia bekerjasama dengan tim Peternakan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dalam hal pengembangan dan penerapan teknologi peternakan. Salah satunya ialah pelatihan kesehatan dan biosecurity ternak, yang disampaikan kepada kelompok kerja peternakan kambing ponpes al islam kambitin, pada Jumat 3 Desember 2021.

 “Kebetulan kerjasama pertama ini dengan adaro kan dengan pondok pesantren, jadi apa yang ada di pondok pesantren itu teknologinya yang ada di perguruan tinggi itu kemudian dicoba dikembangkan. Inovasi teknologi hasil-hasil riset pengabdian masyarakat kemudian dicoba dikembangkan disini.” Kata Prof. Danang Biyatmoko, Koordinator Tim Peternakan ULM Banjarmasin.

Pelatihan ini disambut Ketua Pokja Peternakan Kambing, Ahmad Hanafi. Pasalnya selama ini pihaknya sudah berusaha menjaga kesehatan kambing dan kandangnya, namun penyakit seperti gatal-gatal masih dapat menyerang. Sehingga kedepan pihaknya akan memperdalam ilmu yang diterima, dengan harapan ternak mereka lebih sehat.

 “Untuk peternakannya untuk kedepannya dalam pelatihan ini inshaallah akan mempelajari lebih dalam dan akan mengerjakannya…mempraktekkannya dalam hal peternakan.” Ahmad Hanafi, Ketua Pokja Peternakan Kambing Ponpes Al Islam.

Pemateri pelatihan, dokter Hewan Asep Yusup menekankan, biosecurity ini memang terlihat sederhana, namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan ternak, jika diterapkan secara seksama dan rutin.

 “Prinsipnya adalah mencegah masuknya bibit penyakit ke tempat peternakan, mencegah berkembangnya disana, dan juga mencegah keluar dari area peternakan ke peternakan yang lain. Dan manfaatnya sangat banyak ya, diantaranya meningkatkan produktivitas, dan juga bisa menekan penggunaan antibiotik, dll.” Kata drh. Asep Yusup, Pemateri Pelatihan Kesehatan & Biosecurity Ternak.

Selain pelatihan, PT Adaro Indonesia juga menyerahkan alat-alat kesehatan dan obat-obatan bagi ternak kambing, seperti obat analgesik, vitamin, antibiotik, dan antiparasit. (Alfi Syahrin).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id