Oleh Kominfo   Rabu, 08 Desember 2021
Pemkab Tabalong Gandeng Polri & TNI Laksanakan “Gemar Mekar”
51 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggandeng Polres Tabalong dan Kodim 1008 Tanjung dalam pengawasan pelaksanaan gerakan masyarakat meningkatkan mutu karet atau gemar mekar. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada puncak peringatan Hari Jadi Tabalong 7 Desember 2021.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menjelaskan pengawasan pelaksanaan gemas mekar ditujukan untuk meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan petani. Pasalnya karet berkualitas memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Hari ini juga ditandatangani kerjasama pemkab TABALONG, polres TABALONG dan kodim 1008 TABALONG, untuk mengawal kualitas karet di kabupaten TABALONG memaluai gerakan meningkatkan gemas mekar, karena selama 7 tahun diberi amanah sebagai  bupati, kami sudah sampai pada kesimpulan , kalau kita ingin meningkatkan harga karet, maka satu satunya jalan kita harus meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan oleh petani.” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Kapolres Tabalong Akbp Riza Muttaqin, menjelaskan, melalui kerjasama ini pihaknya bersama tni akan membantu mengedukasi masyarakat terkait peningkatan kualitas karet yang tepat. Selain itu pihaknya juga akan merangkul pengusaha atau pengepul karet untuk agar dapat mendorong petani meningkatkan kualitas karet dengan cara tepat.

“Mereka selama 7 tahun yang lalu masih pada petani yang istilahnya belum cukup memahami terkait dengan bagaimana peningkatan mutu karet, yang kita hindari adalah bagaimana petani karet tidak salah lagi dalam mengembangkan mutu karet itu, dan pengusaha juga tidak memberikan pelajaran yang salah kepada warga kita petani karet TABALONG.” Kata Riza Muttaqin, Kapolres Tabalong.

Melalui kerjasama ini, Polres Tabalong dan Kodim menugaskan babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing wilayah, dalam praktik pelaksanaan gemas mekar. Mereka juga akan menerima sosialisasi tentang peningkatan kualitas karet, sehingga dapat membantu petugas pertanian yang ada di lapangan. (Muhammad Ariadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id