Oleh Kominfo   Selasa, 07 Desember 2021
Dendangkan Lagu Asli Tabalong, Para Musisi Banua Unjuk Suara di Pekan Raya Tabalong
33 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Dinas pendidikan Tabalong, menggelar pentas musik yang bertema pesona Tabalong dalam dundang, pada sabtu malam 4 Desember 2021, di Pekan Raya Tabalong. Pada pentas musik kali ini dibawakan 12 lagu asli Tabalong, yang diciptakan penyanyi lokal.

Lagu-lagu khas Tabalong yang dibawakan beragam, mulai dari ayo ke Tabalong hingga tanjung bungas. Lagu khas Tabalong yang dibawakan ini umumnya bermakna tentang kearifan lokal seperti wisata di Tabalong, kuliner, hingga adat istiadat.

Kepala bidang kebudayaan dinas pendidikan Tabalong, masdulhak abdi, menjelaskan, kegiatan ini untuk memotivasi seniman lain, terutama di bidang musik untuk tetap berkarya dan mengangkat lagu banjar. Pasalnya sebagai sebuah budaya, lagu banjar harus dilestarikan agar tidak tenggelam dan hilang.

 “Jadi acara ini sebenarnya untuk memotivasi kawan kawan seniman terutama di bidang music untuk tetap berkarya terus berkarya terutama untuk mengangkat lagu lagu banjar, karena jujur lagu banjar ini harus  di lestaraikan harus dimunuculkan lagi agar tidak kalah dengan lagu lagu yang banyak dipasaran jadi jangan sampai tenggelam.” Kata Masdulhak Abdi–Kabid Kebudayaan Disdik Tabalong.

Ia menambahkan, salah satu tujuan kegiatan ini ialah agar anak-anak generasi baru menjadi akrab dan tahu dengan lagu banjar, khususnya lagu dari Tabalong. Serta mengenal dan mengetahui jadi diri Tabalong melalui lagu. (M.Arie Arieyadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id