Oleh Kominfo   Rabu, 06 Oktober 2021
Wabup Mawardi Sarankan Petani Jangkung Kembangkan Usaha Ke Sektor Peternakan
38 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Wakil Bupati Tabalong Mawardi mendorong kelompok tani di kelurahan jangkung, untuk mengembangkan usaha ke sektor peternakan. Hal ini disampaikan mawardi saat menghadiri syukuran pembangunan jalan usaha tani di area persawagan gambah rt 9 kelurahan jangkung pada 28 september 2021.

Saran yang disampaikan Mawardi ini didasari dari lokasi dan luas lahan yang dimiliki petani disini. Mawardi pun menyarankan agar petani disini belajar beternak ayam KUB seperti yang ada di Desa Kambitin. Terlebih permintaan ayam KUB di Tabalong saat ini sangat tinggi.

 “jadi dikambitin itu ada banyak orang memelihara ayam kub itu, dan makan nya makanan ayam ras, itu ulun rasa di sini banyak ayam , bisa dikembangkan itu dan menurut ketua kelompok tani di kambitin itu kekurangan pak ai ayamnya, seminggu ini aja dua trak itu ada orang handak mengambil tapi ayamnya kadada” Kata Mawardi – Wakil Bupati Tabalong.

Saran dari Wakil Bupati ini disambut antusias para petani. Wakil Kelompok Tani Kelurahan Jangkung, Budi menyampaikan kesiapannya dalam mempelajari ternak ayam KUB.

 “mengenai ayam beliau berkata bahwa ayam itu salah satu peternak ayam di kalimantan selatan salah satunya peternak di desa kambitin yang saat ini popular membudidayakan ayam kub itu, kami terinspirasi nanti untuk bisa belajar dengan teman-teman di desa kambitin karena dilihat dari hasil dan secara pengelolaannya sangat mudah” Kata Budi –  Perwakilan Poktan Desa Jangkung.

Bukan hanya tertarik dengan ayam KUB, kelompok tani di Desa Jangkung juga mengakui bahwa selama ini mereka juga tertarik dan telah mulai membudidayakan ikan mas secara swadaya. (M. Arie Arieyadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id