Oleh Kominfo   Selasa, 19 Oktober 2021
Gencar Berikan Sosialisasi, DP3AP2KB Harapkan Tak Ada Lagi Perkawinan Dibawah Umur
578 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong, mensosialisasikan pengembangan komunikasi informasi dan edukasi forum paertisipasi publik, untuk kesejahteraan perempyan dan anak, di uula kantor kecamatan tanjung pada 18 Oktober 2021. Sosialisasi yang fikus pada pembahasan pencegahan perkawinan anak ini diikuti Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Tanjung.

Tanjung menjadi salah satu Kecamatan di Tabalong yang menjadi sasaran sosialisasi, lantaran tinggi angka perkawinan anak. Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi mengharapkan, peserta sosialisasi mampu melanjutkan informasi kali ini pada masyarakat luas, untuk mencgah terjadinya perkawinan usia anak.

 “Tanjung merupakan salah satu tempat pelaksanaan sosialisasi Ini yang mana kita mendatangkan peserta dari lurah kepala desa serta tokoh-tokoh masyarakat yang pada dasarnya kita mintakan bantuan kepada mereka untuk menyampaikan memberikan sosialisasi lanjutan kepada para masyarakat atau warganya di desanya masing-masing agar pelaksanaan perkawinan di usia anak ini tidak terjadi lagi karena Tanjung adalah merupakan pencapaian perkawinan anak cukup tinggi.” Kata Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi.

Sekretaris Kecamatan Tanjung, Yenni Septiani menanggapi positif kegiatan sosialisasi tersebut, mewakili Kepala Desa dan juga para Lurah ia berharap agar sosialisi tidak hanya di Kecamatan, namun juga menyasar ke Desa maupun Kelurahan.

“Jadi di sini kegiatannya bermanfaat sekali jadi kita bisa mengetahui bahwa ternyata kasus perkawinan anak di kecamatan Tanjung termasuk cukup tinggi tadi sekitar 13 kasus ada di kecamatan Tanjung dan ternyata antusias dari seluruh kepala desa dan Lurah itu besar sekali mereka berharap agar akan ada sosialisasi di desa-desa ataupun di Kelurahan langsung oleh Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak karena ternyata persepsi masyarakat ataupun mindset dari masyarakat masih menganggap bahwa perkawinan anak adalah sesuatu yang wajar.” Kata Yenni Septiani, Sekretaris Kecamatan Tanjung.

Sosialisasi dikerjasamakan dengan pengadilan agama Tanjung, dimana Kepala PA Tanjung, Syarifah Isnaeni menjadi Pemateri dalam kegiatan sosialisasi. (Maria Ulfah).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id