Oleh Media Center   Selasa, 13 Juli 2021
Ungkapan Kasus Wayau, Puluhan Gram Sabu Dimusnahkan
74 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Narkotika golongan satu jenis sabu-sabu seberat 34 gram, dan golongan satu bukan tanaman berbentuk pil ekstasi warna coklat 1 butir, atau seberat 0,27 gram, dimusnahkan pada 7 Juli 2021, di Mapolres Tabalong. Sedangkan sabu-sabu seberat 0,3 gram disisihkan untuk pemeriksaan bpom, dan sebagai bukti di pengadilan.

Narkotika yang dimusnahkan merupakan barang bukti hasil pengungkapan kasus milik tersangka B, dalam pengungkapan pada 2 Juni lalu, di Desa Wayau RT 7, Kecamatan Tanjung. Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara diblender bersama air dan deterjen, kemudian dibuang ke dalam lubang septic tank.

Wakapolres Tabalong, Kompol Reza Bramantya menyampaikan, pemusnahan barang bukti ini sesuai dengan pasal 91 ayat 2, undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Pemusnahan dilakukan paling lama 7 hari sejak ditetapkan untuk dimusnahkan, agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

 “Barang sitaan narkotika dan prekursor narkotika yang berada dalam penyimpanan dan pengamanan penyidik yang telah ditetapkan untuk dimusnahkan, wajib dimusnahkan dalam waktu paling lama 7 hari terhitung sejak menerima penetapan pemusnahan dari Kepala Kejaksaan Negeri setempat. Tujuannya apa? Agar barang bukti narkotika tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, dalam hal ini yang menangani perkara ini.” Kata Kompol Reza Bramantya, Wakapolres Tabalong.

Pemusnahan barang bukti ini turut dilakukan oleh pengadilan negeri tanjung, BNNK Tabalong, Kejari Tabalong, dan Dinkes Tabalong, serta disaksikan para tersangka, dan awak media.  (Alfi Syahrin)

Sumber: mc.tabalongkab.go.id