Oleh Media Center   Kamis, 29 Juli 2021
Puncak Karhutla Diprediksi Agustus, Warga Diminta Jangan Bakar Lahan
61 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Puncak Karhutla yang diprediksi terjadi di bulan Juli, bergeser ke bulan Agustus mendatang. Pasalnya berdasarkan kondisi saat ini, bulan Juli masih terdapat intensitas hujan.

Berdasarkan data aplikasi lapan fire hotspot, terdeteksi sejumlah titik api di Kabupaten Tabalong, hingga 26 Juli 2021. Namun berdasarkan pantauan lapangan yang dilakukan BPBD Tabalong bersama petugas gabungan, mayoritas titik api tersebut berasal dari pabrik semen dan pembakaran batubara, bukan kebakaran hutan dan lahan. Namun terdapat satu titik api yang positif dinyatakan karhutla, terjadi dikelua pada 26 Juli 2021.

Kepala pelaksana BPBD Tabalong, Zainuddin mengimbau, agar masyarakat melapor kepada kepala desa atau muspica setempat, jika ingin membuka lahan dengan cara dibakar.

 “Diprediksi memang puncak daripada karhutla ini di bulan juli ini dan kemungkinan syukur Alhamdulillah melihat kondisi kita masih ada intensitas hujan kemungkinan bisa lagi naik ke level bulan agustus kemungkinan.” Kata Zainuddin, Kepala Pelaksana BPBD Tabalong.

BPBD Tabalong bersama petugas gabungan, saat ini juga tengah bersiaga di posko induk karhutla, tepatnya di Expo Center Mabuun. Posko siaga ini mulai aktif sejak 15 juli hingga 9 agustus mendatang, dengan opsi perpanjangan. (Alfi Syahrin).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id