Oleh Media Center   Kamis, 08 Juli 2021
Pemdes Tanta Komitmen Berikan Pemberdayaan Bagi Masyarakat
135 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Sebanyak 25 perempuan di Kelompok Prima Desa Tanta mengikuti pelatihan industri rumahan dan model usaha desa prima, yang diberikan dinas pppa kalsel di kantor desa Tanta pada 2 Juli 2021. Jenis pelatihan kali ini berupa pembuatan kue kering, sebagai upaya memberdayakan perempuan, untuk membantu perekonomian keluarga.

Kepala Desa Tanta, Budi Irianto turut mengapresiasi semangat kaum perempuan yang mengikuti pelatihan ini. Ia pun berkomitmen akan membantu Kelompok Prima Desa Tanta mengembangkan suahanya. Selain itu ia juga mengupayakan agar warganya dapat mengakses pelatihan keterampilan gratis yang disediakan pemerintah.

“Upaya itu, kita dari desa setiap tahun mengadakan pelatihan, baik itu dana desa, sumber dari pemberdayaan desa, juga biasanya mengusulkan dari dinas dinas terkait termasuk dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta Disnaker, jadi setiap tahun kita ada dapat jatah, misalnya dari dinas terkait tidak bisa mengadakan, ada dari dinas lain yang bisa mengadakan, menutupinya begitu, sehingga pemberdayaan ini berkelanjutan Kata Budi Irianto, Kepala Desa Tanta.

Budi menambahkan saat ini Pemerintah Desa Tanta telah mengembangkan aplikasi simpel desa yang bisa mempermudah pelaku usaha atau industri rumahan did esa tanta, untuk memasarkan produknya, khususnya di skala desa. Melalui aplikasi ini, Pemdes Tanta juga berencana menjalin kerjasama dengan pusat oleh-oleh khas Tabalong untuk memasarkan produk olahan warganya. (Muhammad Ariadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id