Oleh Media Center   Selasa, 13 Juli 2021
DLH Tabalong Sarankan Pengurangan Kantong Plastik Untuk Daging Kurban
80 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TABALONG – Penggunaan kantong plastik sekali pakai untuk membungkus daging kurban sebelum dibagikan, sudah menjadi kebiasaan di tengah masyarakat kita. Namun Dinas Lingkungan Hidup Tabalong menyarankan, agar mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai, dalam pembagian daging kurban.

Selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi limbah plastik juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Terlebih masyarakat Tabalong yang sebagian besar kebutuhan airnya bersumber dari sungai.

Pasalnya limbah plastik yang mencemari sungai dapat terurai secara mikro, dan berpotensi besar terkonsumsi oleh masyarakat. Cemaran micro plastik yang masuk dalam tubuh pun dapat menimbulkan permasalahan kesehatan.

“Menurut penelitian, kantong plastik tadi dibuang ke sungai, kita kada tau bahwa sesungguhnya itu terjadi penguraian, ketika dia kena panas matahari, dan sebagainya terjadi penguraian, maka biji biji micro plastik tadi yang kada kelihatan kasat mata itu akan berada di dalam air, air tadi kan digunakan untuk mandi, sikat gigi dan lain sebagainya, kita kada sengaja akhirnya terkonsumsi lah micro plastik tadi, ketika itu sudah terjadi, menurut kesehatan, itu bisa menyebabkan stunting, jadi kita mencoba menekan, bukan berarti kada boleh sama sekali, tetapi kita upayakan untuk menekan penggunaan kantong sekali pakai tadi utamanya berbahan plastik ” Kata Rowi Rawatianice, Kepala DLH Tabalong..

DLH tabalong juga menyarankan masyarakat agar membawa wadah sendiri ketika mengambil daging kurban. Selain kebersihannya sudah terjaga, juga dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan karena penggunaan kantong plastik sekali pakai. (Muhammad Ariadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id