Oleh Kominfo   Selasa, 06 April 2021
Kader Berperan Penting Tekan Stunting di Tabalong
19 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

TVTABALONG – Berbagai daerah di Indonesia tengah berupaya menurunkan angka stunting, termasuk di Kabupaten Tabalong. Stunting merupakan kondisi anak tidak tumbuh optimal, akibat kekurangan gizi dan nutrisi. Hal ini pun berpotensi dapat membuat kualitas generasi anak menurun.

Salah satu cara dalam menekan angka stunting yang dilakukan Tabalong dengan meningkatkan kapasitar para kader Puskesmas se Tabalong. Pasalnya Kader Puskesmas memiliki peran besar mencegah risiko stunting pada anak, yang dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan.

Kader pencegahan stunting dari Puskesmas Muara Uya, Nanik Yuniarti menjelaskan, usai peningatan kapasitas ini, pihaknya akan melakukan operasi Kader Posyandu, agar mampu mengedukasi masyarakat akan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan, dalam mencegah stunting.

Kami akan melakukan operasi kader khususnya Kader Posyandu di Desa kami, melaksanakan mengumpulkan ibu-ibu hamil dan diberi wawasan bagaimana pentingnya 1000 HPK disini.” Kata Kader UPT Puskesmas Muara Uya, Nanik Yuniarti.

Berdasarkan data dinas kesehatan terakhir, angka stunting di tabalong mengalami penurunan menjadi 11,08 %. Desa di Tabalong yang angka stunting tersebut pun akan menjadi lokus penanganan stunting tingkat Kabupaten. (M. Arie Arieyadi).

Sumber: mc.tabalongkab.go.id