Oleh Media Center   Selasa, 12 Januari 2021
Terus Dilanda Hujan Lebat, Kenaikan Debit Air di Wilayah Utara Meningkat & Akibatkan Banjir di 2 Kecamatan
398 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Hujan deras yang melanda tabalong dalam beberapa hari terakhir menyebabkan debit air sungai di wilayah utara tabalong meningkat, salah satunya sungai muang di kecamatan jaro. Meningkatnya debit air sungai ini mengakibatkan banjir pada beberepa wilayah di kecamatan jaro, pada 11 januari 2021.

Camat Jaro Suwandi menyampaikan, luapan air sungai tersbut menyebabkan 139 rumah di Desa Muang dan Desa Namun Kecamatan Jaro terendam banjir, yang yerjadi terjadi sejak pukul tiga subuh. Selain rumah warga, air juga merambat ke fasilitas umum seperti mesjid dan jalan raya.

“Debit air meluap sehingga menyebabkan 127 rumah di desa muang dan 12 rumah di desa namun dan juga di masjid masjid nurul huda air masuk kedalam masjid, tapi alhamdulillah sudah berangsur surut tinggal 8 rumah yang masih terendam namun dari wilayah kecamatan jaro ini keliatannya masih mendung.” Kata Suwandi

Sealain kecamatan jaro, hujan deras juga berdampak pada luapan air sungai wilayah kecamatan muara uya, yang mengakibatkan luapan pada sungai lumbang. Camat Muara Uya Abdul Wahid mengatakan, akibat luapan sungai tersebut sebanyak 23 rumah di bantaran sungai lumbang terendam. Selain itu 4 rumah di desa Palapi turut terendam. Namun Wahid juga mengatakan, kondisi tersebut sudah normal sekitar pukul 12 siang di hari yang sama.

“Bahwa di kecamatan muara uya itu terjadi luapan sungai lumbang yang berdampak pada rt 1 2 3 sedangkan jumlah rumah yang terdampak banjir ada 23 rumah kemudian selebihnya tadi ada sampai pelataran dan dapur saja. Dan untuk desa palapi ada 4 buah rumah  1 buah tadi mengungsi dan tapi untuk jam 12 siang itu sudah normal kembali.” Kata Abdul Bahid

Mekski situasi di wilayah utara yang terdampak banjir sudah berangsur normal, namun pihak kecamatan sampai pihak desa tersebut tetap waspada. Pihaknya menyiagakan posko emergency selama 24 jam, untuk mengantisipasi luapan air susulan akibat curah hujan yang tinggi.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id