Oleh Media Center   Selasa, 12 Januari 2021
Sempat Tertunda Karena Covid19, Sejumlah Jalan di Desa Terisolir Akan Ditingkatkan Tahun Ini
230 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Inilah salah satu ruas jalan yang termasuk dalam lima desa terisolir, dua desa di Kecamatan Muara Uya, dan tiga desa di Kecamatan Bintang Ara. Rencananya jalan ini akan ditingkatkan tahun 2020 lalu, namun karena pandemi covid nineteen, pengerjaan jalan ditunda dan dimasukkan kembali sebagai program prioritas tahun anggaran 2021.

Peningkatan jalan desa terisolir yang akan dilakukan di kecamatan muara uya yakni peningkatan jalan binjai salikung, dan jalan sungai kumap sepanjang 1 koma 85 kilometer. Sedangkan untuk kecamatan bintang ara yakni peningkatan jalan burum mihol, dan jalan mihol kuari sepanjang 2 koma 2 kilometer. Serta jalan simpang tiga kalingai rungun, jalan rungun misim, dan jalan bina desa jembatan sakuyah sepanjang 2 koma 6 kilometer.

Hal tersebut dibahas dalam rapat antara dinas PUPR dan komisi tiga dprd tabalong, pada tujuh januari 2021. Sekretaris Komisi Tiga DPRD Tabalong, Dahli menuturkan, ia bersama anggota DPRD lain dari dapil wilayah tersebut, berkomitmen mengawal pembangunan di sejumlah ruas jalan desa terisolir.

“Jadi memang kami sudah komitmen dengan kawankawan yang dari dapil utara bahwa kami akan selalu mengawal untuk jalanjalan desa yang terisolir. Jadi kebetulan kami juga reses disana kemarin, reses di panaan kemudian higermana juga dambung, nah harapan masyarakat disana besar harapan mereka itu supaya jalan mereka itu bagus agar akses mereka dari desa yang terisolir ke kecamatan terutama itu bisa lancar sehingga berdampak ekonomi terhadap kehidupan mereka yang di daerah terisolir itu.” Kata Dahli

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tabalong, sunengsi menjelaskan tahapan pengerjaan akan dilakukan review ulang untuk menyesuaikan dengan dana yang tersedia, dan menyesuaikan konstruksi sesuai badan jalannya. Kemudian hasil dari review dimasukkan dalam rencana umum pengadaan, kemudian dilakukan lelang.

“Sesudah memasukkan RUP nya rencana umum pengadaan, mungkin nanti kita akan segera melelangkan untuk pekerjaanpekerjaan tersebut, tapi sebelumnya akan kita lakukan review ulang dulu untuk jalanjalan tersebut artinya kita cek ulang lagi sesuaikan dengan dana yang ada, kemudian kita lihat konstruksinya nanti seperti apa yang sesuai dengan kondisi jalan tersebut.” Kata Sunengsi

Sunengsi menambahkan, dengan beberapa tahap awal tersebut, diperkirakan peningkatan jalan mulai dikerjakan dalam empat hingga lima bulan kedepan.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id