Oleh Media Center   Selasa, 12 Januari 2021
Selama Tahun 2020, Realisasi 10 Jenis Retribusi Daerah Ini Lebih Dari 100%
291 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Berdasarkan Data Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong, pendapatan daerah kabupaten tabalong di tahun 2020 terealisasi sebesar 96,69 persen dari target 100 persen. Pendapatan daerah bersumber dari beberapa komponen, salah satunya dari pendapatan asli daerah, yang telah terealisasi sebesar 83 koma 12 persen.

Pendapatan Asli Daerah di dapat dari pajak daerah dan retribusi daerah. Untuk retribusi daerah terdapat 21 jenis retribusi yang dikelola oleh SKPD di Kabupaten Tabalong. Dari 21 jenis retribusi daerah tersebut, 10 diantaranya berhasil terealisasi lebih dari 100 persen. Diantaranya retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan, retribusi pengujian kenadaraan bermotor, retribusi pelayanan parkir ditepi jalan umum, retribusi pengendalian menara telekomunikasi dan beberapa retribusi daerah lainnya.

Kepala badan pengelola pajak dan retribusi daerah kabupaten tabalong, Erwan Mardani mengapresiasi kinerja skpd pengampu retribusi daerah yang telah melebihi target. Erwan berharap SKPD yang bersangkutan membuat kesepakatan untuk bisa meningkatkan target retribusi di tahun 2021, sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah

“Nah ternyata kawan-kawan di SKPD teknis telah bekerja dengan baik dan maksimal nah tetapi kedepan kami berharap di internal SKPD tersebut harus ada membuat kesepakatan untuk meningkatkan target, nah jadi potensi dan peluang kitakan semakin besar dan terbuka nah tentu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah apakah itu pajak atau retribusi secara bertahap target harus kita tingkatkan jadi ada peningkatan secara signifikan, sebab kalau melihat angka-angka yang ada ini nah ternyata di beberapa SKPD teknis yang mengampu retribusi capaian nya melebihi dari 100 persen” kata Erwan

Erwan berharap SKPD pengampu retribusi yang realusasunta masih rendah, dapat membuat langkah atau strategi bersama untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten tabalong.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id