Oleh Media Center   Selasa, 12 Januari 2021
Jadi Jalan Kabupaten, Jalan Obor Batas Kota Akan Dilebarkan
274 Kali dilihat
Tabalong Hari Ini

Tabalong – Rencana Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk melebarkan jalan dari Monumen Tanjung Puri hingga batas kota di Desa Maburai mulai menemui titik terang. Jalan yang sebelumnya berstatus sebagai jalan nasional tersebut akan menjadi jalan kabupaten. Pasalnya pemerintah pusat berencana melakukan penukaran jalan tersebut dengan jalan kabupaten yang berada di Islamic Center hingga Guru Danau. Sehingga nantinya jalan di Islamic Center akan menjadi jalan nasional.

Seperti yang dibahas dalam rapat antara Dinas PUPR Tabalong dengan Komisi Tiga DPRD Tabalong, pada tujuh januari 2021, Dinas PUPR mulai merencanakan pelebaran jalan tersebut dengan melakukan penggeseran anggaran tahun 2021 ini. Ketua Komisi Tiga DPRD Tabalong, Supoyo mengatakan, hal tersebut akan dibahas kembali untuk dianggarkan dalam apbd perubahan.

“Nanti kita bicarakan diperubahan mas, di perubahan nanti seperti apa kaitan masalah penggeseran anggaran itu, nanti kita musyawarahkan dengan Dinas PUPR dan bersama dengan kawankawan komisi 3.” Kata Supoyo

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung menuturkan, pihaknya akan mengikuti arahan dprd untuk memasukkan rencana pelebaran jalan tersebut dalam anggaran perubahan 2021. Kemudian akan diusulkan kembali ke tapd, atau tim anggaran pendapatan daerah.

“Kami akan menuruti hal itu karena kalo pun kita kerjakan perencanaan pelebaran jalan di 2000…APBD perubahan 2021 ini tetap juga kita laporkan ke pak bupati tentunya. Yang pelebaran itu kita menunggui nanti di perubahan, nanti kita ajukan usulan ke TAPD.” Kata Wibawa Agung

Rencana pelebaran jalan tersebut sudah sejak lama dicanangkan, pasalnya jalan tersebut perlintasan kawasan perekonomian yang sedang tumbuh dan berkembang. Terlebih lagi sehubungan dengan rencana pemindahan ibukota negara ke kabupaten penajam paser utara, maka jalan tersebut akan menjadi simbol kalimantan selatan, sebagai jalan perlintasan menuju ibukota negara baru.

Sumber: mc.tabalongkab.go.id