Oleh Media Center   Kamis, 15 Oktober 2020
Setelah Raih ODF, Tabalong Sempurnakan 5 Pilar Menuju STBM Penuh
399 Kali dilihat
Sosial & Budaya

RadioSuaraTabalong- Atas pencapaian Kabupaten Tabalong mendapatkan predikat sebagai kabupaten ODF Open Defecation Free atau bebas buang air besar pertama di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu, membuat daerah dengan julukan bumi serabakawa ini terus berbenah untuk menyempurnakan agar bisa menjadi yang terbaik kedepannya.

 Seperti yang disampaikan dr Taufiqqurahman Hamdie, bahwa ODF sendiri itu merupakan bagian dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dimana didalamnya terdapat lima pilar, salah satu ODF ini, dan  Tabalong sudah mendapatkan itu,  sisanya bila upaya dalam pilar STBM semua sudah terlaksana tidak menutup kemungkinan Tabalong bisa mendapatkan STBM penuh.

 “STBM itu memiliki lima pilar ya, pilar pertama yaitu bebas buang air sembarangan ya, itu sudah dicapai Tabalong, sehingga tinggal pilar yang lain, seperti CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), kemudian pengelolaan makanan yang aman ya dengan baik , serta pengelolaan limbah serta pembuangan sampah, kalo lima upaya ini bisa kita laksanakan oleh Tabalong, maka Tabalong akan meraih predikat bukan ODF saja tetapi STDM Penuh.” Kata dr. Taufiq

 Taufiq menambahkan, dari kesemua pilar sebenarnya sudah dilaksanakan di Tabalong hanya saja masih dalam tahap menyempurnakan dan memastikan seperti yang sudah dilakukan sebelumnya terhadap ODF. (Said)