Oleh Media Center   Kamis, 15 Oktober 2020
200 Kader di Tabalong Ikuti Orientasi Tentang Buku KIA
372 Kali dilihat
Sosial & Budaya

RadioSuaraTabalong - Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang pentingnya buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) terutama pada masa 1.000 HPK ( Seribu Hari Pertama Kehidupan) yang secara tidak langsung erat kaitannya menurunkan angka kematian ibu, angka kematian anak, dan Stunting, Dinas Kesehatan melalui seksi kesehatan keluarga dan gizi bekerjasama dengan TP PKK Tabalong menggelar Orientasi Kader Tentang Buku KIA.

Diikuti sebanyak 200 orang peserta,kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dr Taufiqqurahman Hamdie, beliau mengatakan salah satu penyebab stunting adalah karena pola asuh, dan buku KIA ini merupakan satu media bagaimana cara ibu merawat bayinya dengan pemenuhan jadwal imunisasi dan sejumlah petunjuk-petunjuk agar anak tidak sakit.

Menurut Taufiq, adanya kegiatan orientasi ini dan mengumpulkan kader ini dilakukan, karena melihat kader menjadi orang yang strategis untuk melakukan pendampingan kepada ibu-ibu setelah didistribusikannya buku KIA, " mereka inilah yang mengajari serta mendampingi bagaimana memanfaatkan Buku KIA ini,dan ini sangat berpengaruh pada pola asuh ibu terhadap perkembangan balitanya,"kata Taufiq.

Terkait pendistribusian buku KIA, Tambah Taufiq, di Tabalong sendiri sasaranya sudah hampir keseluruh ibu bayi dan balita namun kita hanya perlu tingkatkan pemanfaatannya dan kepatuhan ibu membawa buku KIA ketika adanya Kegiatan Posyandu dan ibu hamil, sebab dengan buku itu sebagai gaiden untuk pendiskusian, pengakuan dari ibu dalam mengevaluasi perkembangan bayi maupun balitanya.

Seperti diketahui kegiatan orientasi ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13-14 September 2020, dimana peserta terbagi dua kelompok, dan kegiatan ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. (Said)